KPU Gelar Pemungutan Suara Ulang DPRD Jambi 29 Juni

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

msa | CNN Indonesia

Jumat, 28 Jun 2024 03:00 WIB

Pemilihan Suara Ulang (PSU) DPRD di dua TPS nan berada di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi bakal digelar pada Sabtu (29/6). Ilustrasi. Pemilihan Suara Ulang (PSU) DPRD di dua TPS nan berada di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi bakal digelar pada Sabtu (29/6). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Jambi, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi sedang mempersiapkan pemungutan bunyi duit (PSU) di dua TPS nan berada di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Pemilihan Suara Ulang (PSU) DPRD Provinsi Jambi ini bakal digelar pada Sabtu (29/6).

Komisioner KPU Provinsi Jambi Yatno mengatakan sedang melakukan monitoring dan terus berkoordinasi dengan KPU Batanghari.

Ia mengaku sudah menyelesaikan proses manajemen dan memastikan tidak ada kecurangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sudah disiapkan dari jauh-jauh hari, kita sudah melakukan upaya mitigasi untuk menghindari hal-hal nan tidak diinginkan," katanya, Kamis (27/6).

Pembentukan KPPS di wilayah Batanghari, kata Yatno, sudah dilaksanakan sesuai ketentuan nan ada dalam penyelenggaraan pemilu legislatif. Sedangkan logistik dan surat bunyi pemilihan DPRD Provinsi Jambi pada tanggal 28 Juni 2024.

"Hanya saja jika kotak itu bakal diberikan label PSU MK, jika blangko dan surat bunyi (bertulisan) PSU," katanya.

Pemungutan bunyi ulang DPRD Provinsi ini adalah buntut pengajuan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Partai ini awalnya menggugat hasil pemilihan di lima TPS, ialah TPS 2 dan TPS 4 Kembang Sari, TPS 2 dan TPS 3 Rantau Puri, serta TPS 2 Simpang Sungai Rangas.

MK kemudian memutuskan dua TPS nan berada di Kembang Sari, Kecamatan Muaro Sebo Ulu, Kabupaten Batanghari ialah TPS 2 dan TPS 4, kudu dilakukan PSU.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jambi berbareng Bawaslu RI bakal memastikan PSU tersebut melangkah lancar dan tidak ada kecurangan.

Ketua Bawaslu Jambi Wein Arifin menyampaikan bahwa bakal membikin posko di satu Desa Kembang Sari, Kabupaten Batanghari.

"Ini adalah sarana dari masyarakat. Ketika ada potensi pelanggaran, dapat melaporkan kepada posko tersebut," katanya.

(isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional