KPU Respons Gerakan Pilih Kotak Kosong di Pilwalkot Surabaya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya merespons langkah sejumlah masyarakat nan mendeklarasikan support dan mengampanyekan kota kosong pada Pilwalkot Surabaya 2024.

Komisioner KPU Surabaya, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Subairi mengatakan pihaknya tidak bisa melarang aspirasi penduduk tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Itu partisipasi masyarakat. Artinya pilihan masyarakat, ya monggo kami tidak menghalangi perihal seperti itu," kata Subairi, di KPU Surabaya, Rabu (18/9).

KPU, kata Subairi, juga tidak mempunyai izin untuk mengatur, melarang alias menertibkan kampanye kotak kosong nan dilakukan warga.

Menurutnya, izin nan ada hanya memungkinkan pihaknya mengatur kampanye pasang calon (paslon) kepala wilayah ialah calon wali kota dan wakil wali kota.

"Kami atur regulasinya di paslon, tidak ada kemudian kita mengatur kampanye kolom kosong, tidak ada. Silakan [kampanye kotak kosong] itu kan kewenangan mereka sendiri, kita tidak bisa melarang," ujarnya.

Subairi menambahkan pihaknya juga bakal melakukan simulasi pemilihan. Nantinya surat bunyi di Pilkada Surabaya hanya terdapat foto pasangan calon Eri Cahyadi-Armuji dan kolom kosong.

"Karena memang regulasinya seperti itu. Kami dari KPU Surabaya juga bakal melakukan simulasi perihal nan sama, tentunya menunggu hasil penetapan di tanggal 22 September 2024 nanti," katanya.

Sebelumnya, puluhan Warga Surabaya melakukan tindakan deklarasi mendukung kotak kosong di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surabaya 2024, di depan gedung DPRD Surabaya, Senin (17/9).

Koordinator tindakan Harijono mengaku pihaknya mau membujuk masyarakat untuk memilih kotak kosong, sebagai bentuk protes terhadap para ketua partai.

Ia menilai ketua partai di Surabaya kandas menyerap aspirasi rakyat. Karena lebih mementingkan kekuasaan daripada kesejahteraan masyarakat Surabaya.

"Kami memilih kotak kosong sebagai corak penolakan terhadap calon tunggal nan diusung oleh partai partai politik nan tidak peka terhadap aspirasi rakyat," kata Harijono.

Duet kader PDIP Eri Cahyadi-Armuji diusung seluruh partai alias 18 partai politik nan ada di Surabaya pada Pilwalkot Surabaya 2024. Dia bakal melawan kotak kosongpada pencoblosan 27 November 2024 nanti.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional