KPU Tetapkan 75 Anggota DPRD Sumsel, Golkar Terbanyak Disusul NasDem

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 30 Mei 2024 12:29 WIB

KPU menetapkan 75 personil DPRD Sumatera Selatan periode 2024-2029, Partai Golkar sukses mendapat bangku terbanyak. Ilustrasi. KPU tetapkan 75 personil DPRD Sumatera Selatan periode 2024-2029, Partai Golkar sukses mendapat bangku terbanyak. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan menetapkan 75 personil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan terpilih untuk periode 2024-2029.

Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya mengatakan telah menyelesaikan 14 perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), termasuk untuk seluruh penetapan bangku DPRD Sumsel.

"Berdasarkan perihal itu, KPU RI pada tanggal 25 Mei 2024 menerbitkan surat kepada KPU Sumsel untuk menetapkan perolehan bangku dan calon DPRD terpilih hasil Pileg 2024," ujar Andika di Palembang, Rabu (22/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Partai Golkar sukses memimpin dengan mendapatkan 12 kursi. Disusul oleh Partai Gerindra nan meraih 11 kursi, Partai NasDem dengan 10 kursi, dan PDI Perjuangan nan mendapat 9 kursi.

Selanjutnya, Partai Demokrat sukses mengamankan 8 kursi, sementara PKB dan PKS masing-masing memperoleh 7 kursi.

Partai PAN mendapatkan 6 kursi, PPP mendapat 2 kursi, dan PKN, Partai Hanura, serta Partai Perindo masing-masing meraih 1 kursi.

KPU Sumsel secara tegas menyatakan bahwa proses penetapan personil DPRD ini melangkah secara transparan serta sesuai dengan peraturan nan telah ditetapkan.

Andika juga berambisi pengumuman ini dapat memberikan kejelasan bagi seluruh masyarakat Sumsel mengenai siapa nan bakal menjadi wakil mereka di DPRD Sumsel dalam lima tahun ke depan.

"Pengumuman ini diharapkan dapat memberikan kejelasan kepada masyarakat mengenai wakil-wakil mereka nan bakal bekerja di DPRD Sumsel untuk lima tahun ke depan," kata Andika.

(Antara/ csp/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional