KPU Tutup Pintu Pendaftaran Calon Independen: Tak Mungkin Dibuka Lagi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 15 Agu 2024 06:29 WIB

KPU mengatakan pendaftaran paslon usungan partai tinggal sejenak lagi. Hampir tak mungkin membuka kembali pendaftaran calon independen. Ilustrasi. KPU menyatakan nyaris mustahil untuk membuka lagi pendaftaran bakal pasangan calon kepala wilayah dari jalur perseorangan alias independen. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan nyaris mustahil untuk membuka lagi pendaftaran bakal pasangan calon kepala wilayah dari jalur perseorangan alias independen.

Sebab, masa pendaftaran pasangan calon usungan partai politik Pilkada 2024 akan dibuka sejenak lagi, ialah pada 27-29 Agustus 2024.

"Dari sisi waktu nan sudah mendekati masa pendaftaran calon, sepertinya sudah tak mungkin," kata komisioner KPU RI Idham Holik lewat pesan singkat, Rabu (14/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pendaftaran calon independen memang sudah ditutup pada Mei 2024 dengan merujuk pada patokan sebelum adanya putusan Mahkamah Agung (MA). Namun, opsi membuka lagi pendaftaran jalur independen sempat dikaji oleh KPU setelah MA mengubah tafsir penghitungan syarat usia calon kepala daerah.

Idham menjelaskan untuk membuka kembali pendaftaran calon independen, KPU kudu berkonsultasi dengan DPR. namun, sampai saat ini tak ada undangan dari DPR untuk membahas perihal tersebut.

"Sampai saat ini KPU belum mendapatkan surat undangan untuk berkonsultasi dengan pembentuk UU," ujarnya.

Sebelum ada putusan MA, syarat usia minimal calon kepala wilayah dihitung saat penetapan pasangan calon pada 22 September 2024. Namun, patokan itu berubah setelah MA memutus syarat usia minimal calon dihitung saat pelantikan.

Dengan adanya perubahan patokan itu, maka para fans jalur independen nan awalnya tidak bisa maju lantaran tak memenuhi syarat usia minimal, bisa saja mendaftar merujuk pada patokan terbaru.

Awal Juli lalu, KPU mengkaji pembukaan lagi pendaftaran calon kepala wilayah independen. KPU juga membikin skema simulasi pendaftaran jalur independen dengan merujuk pada patokan setelah putusan MA.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional