KPU Ungkap Calon Tunggal vs Kotak Kosong Ada di 41 Daerah

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 05 Sep 2024 15:18 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan calon tunggal pada Pilkada 2024 sekarang ada di 41 daerah, rinciannya 1 provinsi dan 40 kabupaten/kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan calon tunggal pada Pilkada 2024 sekarang ada di 41 daerah. Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan calon tunggal pada Pilkada 2024 kini ada di 41 daerah.

Komisioner KPU Idham Holik menyatakan terdapat penambahan pasangan calon di Kabupaten Puhowatu, Gorontalo dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kini Kabupaten Puhowato dan Kepulauan Sitaro nan awalnya di 27-29 Agustus 2024 hanya ada 1 pasangan calon, sekarang sudah ada dua pasangan," kata Idham saat dihubungi, Kamis (5/9).

Dengan begitu, kata Idham, sekarang calon tunggal ada di satu provinsi dan 40 Kabupaten/Kota.

"Kini tinggal 1 provinsi dan 40 kabupaten/kota nan pasangan calonnya hanya 1 pasangan calon," ujarnya.

Sebelumnya, KPU menyebut ada 43 wilayah nan hanya mempunyai satu pasangan calon pada Pilkada Serentak 2024. Sesuai aturan, KPU membuka kembali pendaftaran selama tiga hari sejak Senin kemarin.

Jika tetap hanya ada satu pasangan calon, KPU bakal melanjutkan pilkada ke tahap selanjutnya. Pasangan calon itu bakal menghadapi kotak kosong di surat suara. Warga nan tak setuju dengan pasangan calon boleh mencoblos kotak kosong.

Pasangan calon hanya dikatakan menang jika mengumpulkan lebih dari 50 persen bunyi sah. Jika tidak, maka kotak kosong nan menang. Bila itu terjadi, pemerintah pusat bakal menunjuk penjabat (pj.) kepala wilayah untuk memimpin wilayah tersebut hingga Pilkada Serentak 2029.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional