Kunjungi Dekranas Expo 2024 di Solo, Iriana Widodo Borong Banyak Kain, Perhiasan dan Tas

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo -  Ibu Negara, Iriana Widodo mengunjungi Dekranas Expo 2024 nan digelar Dewan Kerajinan Nasional di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Kamis, 16 Mei 2024. Iriana terpantau berbelanja di beberapa stan Dekranas wilayah (Dekranasda) nan dia datangi. 

Iriana memborong beragam hasil kerajinan tangan unggulan dari stan-stan itu di antaranya Dekranasda Provinsi Bali, Dekranasda Bangka Belitung, Dekranasda Jambi, Dekranasda Papua, dan lain-lain. Tak ketinggalan juga produk-produk dari stan Dekranasda Medan dan Dekranasda Solo.

Saat menyambangi stan Dekranasda Medan, Iriana disambut Kahiyang Ayu, istri Wali Kota Medan Bobby Nasution nan juga putri kandungnya. Didampingi menantunya, Selvi Ananda nan juga istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Iriana membeli beberapa jenis produk dari stan itu di antaranya kain songket dan tas ulos.

Ditemui wartawan seusai mendampingi Ibu Negara, Selvi Ananda menuturkan dalam kunjungannya ke Dekranas Expo itu ibu mertuanya membeli di antaranya beragam jenis kain tradisional seperti batik, songket hingga tenun. “Ibu Iriana membeli banyak ya, ada kain-kain, kerajinan seperti perhiasan dan tas," ungkap Selvi.

Selain kain dan produk kerajinan lainnya, Selvi menuturkan Iriana juga membeli beraneka makanan, tas, dan perhiasan. Tak ketinggalan pula ibu-ibu personil OASE nan mendampingi Ibu Negara itu berbelanja jenis produk nan ditawarkan di pameran itu. Sedangkan dirinya juga membeli kain batik unik Bali, Batik Gedog Tuban, dan jenis aksesoris. "Semuanya sama-sama borong lantaran ini kan produk kerajinan kriya terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia,” kata dia.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT ke-44 Dekranas, Loemongga Agus Gumiwang, menuturkan para peserta expo sebelumnya telah melewati kurasi sehingga produk nan dipamerkan adalah produk-produk berbobot terbaik. "Yang datang di sini sebagai peserta itu sudah terkurasi dengan dengan tim kurasi. Jadinya semua itu pilihan bimbingan masing-masing Dekranasda Provinsi, jadi memang bagus-bagus sekali produknya," ucap Loemongga.

Menurut staf Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan nan merupakan salah satu peserta expo, Rahmatun Nazila, Ibu Negara saat mengunjungi stannya membeli songket dari Medan, satu tas, dan jenis produk kerajinan lainnya. "Total sekitar Rp 2,5 juta nan dibeli. Kebetulan ibu-ibu OASE juga ikut memborong, ada kain bordir, tas, dan beragam produk fesyen. nan paling laku itu tas. Total ada sekitar Rp. 30 jutaan," katanya.

Iklan

Dekranas Expo 2024 tetap berjalan hingga Sabtu, 18 Mei 2024. Pameran itu merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-44 Dekranas nan digelar di Kota Bengawan. Selain stan produk perajin, expo juga menghadirkan stan kuliner Nusantara dan jasa konsultasi bagi para perajin. 

Rangkaian aktivitas juga diisi dengan Bincang Dekranas nan membahas topik Fashion dan Kriya Indonesia Mendunia pada hari ini. Kegiatan itu menjadi wadah obrolan dengan beragam topik menarik seputar digitalisasi produk industri mini dan menengah, produk nan go global, dan strategi branding produk. "Ini sebagai corak support terhadap produk Indonesia nan mewariskan kekayaan budaya Indonesia," katanya. 

Loemongga menyebut produk fesyen dan kriya Tanah Air merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia nan mempunyai nilai seni dan estetika nan tinggi. "Namun, kita kudu memahami beberapa perihal krusial seperti ada karakter produk sebagai value sehingga dapat bersaing di pasar global,” katanya.

Pada Bincang Dekranas nan berjalan pada Kamis sore, datang beberapa figur publik nan menjalani upaya fesyen maupun kriya selaku narasumber di antaranya Happy Salma, Ni Luh Djelantik, hingga Shelomita. "Diharapkan perihal ini dapat memberi inspirasi kepada para perajin dan calon pelaku upaya untuk bisa menghadirkan produk nan bersaing," ujar dia.

Pilihan editor: Gelar Ulang Tahun ke-44 di Solo, Dewan Kerajinan Nasional Undang Iriana Widodo

SEPTHIA RYANTHIE 

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis