Langkah Pemkab Subang Wujudkan Pembangunan Industri Berkelanjutan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Perintah Kabupaten Subang terus berupaya mewujudkan pembangunan industri berkelanjutan serta pembangunan nan berkepanjangan pada sektor pertanian.

Salah satu buah dari upaya ini adalah Kabupaten Subang meraih ranking terbaik tiga kategori pemanfaatan Kawasan Peruntukan Industri (KPI) dari Ditjen Ketahanan, Perwilayahan & Akses Industri Internasional (KPAIl) Kementerian Perindustrian RI, pada Desember 2023 lalu.

Pemanfaatan area peruntukan industri di Kabupaten Subang sendiri menerapkan prinsip-prinsip berkepanjangan ialah dengan tren industri 4.0 dalam transformasi dan percepatan menuju pembangunan industri berkelanjutan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kabupaten Subang pun berkomitmen membentuk fondasi nan kuat bagi masa depan industri.

Saat ini, Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si. MA.cd mengimbau kepada seluruh camat di Kabupaten Subang untuk terus berkoordinasi dalam upaya menghadapi ragam potensi musibah pada musim kemarau.

Hal itu dia sampaikan saat memimpin briefing staf berbareng para kepala OPD dan para camat se-Kabupaten Subang di Ruang Rapat Bupati pada Kamis (12/09), seperti dikutip dari laman resmi Subang.

Ia juga berambisi masyarakat Subang bijak dalam menggunakan air hingga musim penghujan tiba.

Berkaitan dengan arah pembangunan Subang ke depan, dia mendorong agar peraturan wilayah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) agar investasi nan diharapkan sesuai dengan kondisi wilayah Subang.

"Saya minta ketika sudah muncul RTRW dalam waktu berbarengan juga di tahun 2025 kita sudah mulai mengimplementasi dan review terus untuk menyempurnakan RTRW kita ke depan," kata Imran.

Ia pun memberikan pengarahan berangkaian dengan Pajak Bumi Bangunan (PBB) agar selaras dengan ketentuan Mal Pelayanan Publik (MPP) baik secara administratif ataupun praksis sehingga menunjang baik pada pembangunan Subang.

Profil Pemkab Subang

Pemkab Subang adalah salah satu kandidat pemenang di arena CNN Indonesia Awards keenam nan bakal digelar pada Selasa (17/9) di Bandung, Jawa Barat dengan tema "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju."

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Kemudian di Palembang, Sumatra Selatan pada Juli 2024. Lalu di Medan, Sumatra Utara pada 9 Agustus 2024, serta Semarang, Jawa Tengah, 14 Agustus 2024.

Kabupaten Subang adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat. Secara geografis, pemisah wilayah sebelah selatan adalah Kabupaten Bandung Barat.

Kemudian di sebelah barat adalah Kabupaten Purwakarta dan Karawang, di sebelah utara adalah Laut Jawa, dan sebelah timur adalah Kabupaten Indramayu dan Sumedang.

Visi Kabupaten Subang adalah, "Kabupaten Subang nan Bersih, Maju, Sejahtera, dan Berkarakter." Sementara misinya adalah mewujudkan pemerintahan nan bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, terbuka, serta pelayanan masyarakat.

Lalu meningkatkan pembangunan infrastruktur, penataan ruang berbudi pekerti kebudayaan lokal, dan pemerataan pembangunan perdesaan. Misi selanjutnya adalah meningkatkan kualitas pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia nan andal dan berkekuatan saing serta ekspansi lapangan kerja.

Kemudian meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bagian pertanian, ekonomi, kerakyatan, industri kreatif, perikanan, dan kelautan, serta penggalian potensi berbasis budaya dan kearifan lokal. Terakhir, meningkatkan kualitas jasa masyarakat dan lingkungan hidup.

(juh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional