Lawan PDIP dan Anies di Jakarta, KIM Plus Buka Peluang Usung 2 Cagub

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus menyatakan siap berkompetisi dengan Anies Baswedan dan PDIP pada Pilgub Jakarta 2024.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut kemungkinan ada tiga pasang calon nan berkompetisi nanti. Menurutnya, syarat mencalonkan cagub-cawagub saat ini tak sulit.

KIM Plus terdiri dari 12 partai politik nan merupakan pendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Partai-partai di KIM Plus terbuka dipecah untuk bisa mengusung calon baru selain Ridwan Kamil-Suswono.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau calonnya tiga, itu kan persyaratannya enggak terlalu berat. Jadi, kami sudah siap sebenarnya, enggak ada masalah," kata Dasco di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (23/8).

Dasco mengatakan 12 partai pendukung Ridwan Kamil dan Suswono pun solid. Tak ada perubahan sikap meskipun rencana pengesahan RUU Pilkada batal dan mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Insya Allah solid, Insya Allah solid, Insya Allah solid," ujarnya.

Sebelumnya, kesempatan Anies Baswedan maju Pilgub DKI Jakarta 2024 terbuka berkah putusan MK nomor 60/PUU-XXII/2024. Putusan itu juga mengembalikan asa PDIP ikut mencalonkan gubernur dan wakil gubernur nan sempat kandas.

Putusan itu menghapus periode pemisah pencalonan kepala wilayah sebesar 20 persen bangku DPRD alias 25 persen bunyi sah pemilu sebelumnya.

Putusan MK membikin periode pemisah pencalonan ditentukan melalui perolehan bunyi di pemilu sebelumnya. Rentang periode pemisah 6,5 persen hingga 10 persen, tergantung jumlah masyarakat di wilayah masing-masing.

PDIP belum mengumumkan calon gubernur dan wakil gubernur di DKI Jakarta. Namun, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengakui Anies masuk dalam radar.

"Ada [komunikasi] apalagi Pak Baskara juga sudah berjumpa dengan Pak Anies Baswedan," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (22/8).

KIM Plus resmi mengusung Ridwan Kamil-Suswono sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta pada Pilkada serentak 2024. KIM Plus terdiri dari 12 partai.

Partai-partai itu antara lain Gerindra, PKS, Golkar, PAN, Demokrat, PKB, NasDem, PSI, PPP, Perindo, Partai Gelora, dan Partai Garuda. Sepuluh di antaranya mempunyai bangku DPRD Jakarta 2024-2029.

Dengan syarat baru sesusai putusan MK nantinya, partai KIM Plus terbuka peluan dipecah agar bisa mengusung pasangan cagub-cawagub lainnya.

Rincian perolehan bunyi partai-partai KIM antara lain Gerindra 14 bangku (13,21%), PKS 18 bangku (16,98%). Kemudian PKB , Golkar, NasDem, dan PAN masing-masing 10 bangku (9,43%)

Selanjutnya Demokrat 9 bangku (8,49%), PSI 8 bangku (7,55%), Perindo 1 bangku (0,94%), dan PPP 1 bangku (0,94%). Sedangkan PDIP memiliki 15 bangku (14,15%).

(fra/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional