Libur Nataru, Jumlah Pengguna Commuter Line di Wilayah 6 Yogyakarta Ditargetkan Naik 16,94 Persen

Sedang Trending 2 hari yang lalu

TEMPO.CO, Solo - KAI Commuter menargetkan total volume pengguna Commuter Line alias kereta rel listrik (KRL) di Wilayah 6 Yogyakarta selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025 sebanyak 617.770 orang. Jika dibandingkan momentum nan sama tahun lampau nan tercatat sebanyak 528.284 orang, tahun ini naik sebesar 16,94 persen.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus menyampaikan perihal itu kepada wartawan di sela-sela pengecekan di Stasiun Solo Balapan, Jawa Tengah, Selasa, 31 Desember 2024.

Baca buletin dengan sedikit iklan, klik di sini

"Akumulasi pengguna commuter line di Wilayah 6 Yogyakarta termasuk Solo mulai tanggal 19 Desember sampai dengan kemarin (Senin, 30 Desember 2024) tercatat sebanyak 333.750 pengguna," ujar Joni.

Ia menyebut untuk jumlah rata-rata nan menggunakan commuter line dari Yogyakarta ke Palur per harinya sekitar 27 ribu orang. Adapun jumlah rata-rata pengguna Kereta Prameks sekitar 3 ribu orang per hari. 

“Volume pengguna paling banyak di Stasiun Tugu Yogyakarta, sebanyak 76.974 orang nan turun di stasiun tersebut dan sebanyak 68.545 orang nan naik. Selain itu, unik di Stasiun Kutoarjo merupakan stasiun Commuter Line Prameks nan mengangkut pengguna sebanyak 9.708 orang,” tutur dia.

Selama masa Angkutan Nataru ini, jumlah perjalanan Commuter Line Yogya-Palur sebanyak 30 perjalanan setiap harinya, sedangkan untuk Commuter Line Prameks sebanyak 10 perjalanan dari dan menuju Kutoarjo.

Dari segi pengamanan dan pelayanan Posko Nataru 2024-2025, dia menjelaskan KAI Commuter menyiagakan petugas di antaranya Security Stasiun dan Security di atas KA, Rescue, petugas Passenger Service (PS), dan Announcer nan bakal membantu dan mengarahkan para pengguna. 

"Selain itu, akomodasi jasa lainnya seperti bangku tunggu, charging booth, toilet, musholla, serta videotron sebagai info jasa juga telah disediakan untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh penggunanya," katanya. 

Ia mengingatkan agar masyarakat merencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info tarif dan agenda perjalanan commuter line, serta Access by KAI untuk transaksi tiket Prameks. Untuk support info perjalanan, dapat menghubungi jasa 24 jam Contact Center 021-121 alias mengakses akun media sosial resmi @commuterline.

“Pengguna diimbau untuk tidak berlari-lari pada saat bakal menuju kereta, lantaran bakal membahayakan diri sendiri. Jadilah pengguna nan tertib dengan mengutamakan keselamatan, baik di stasiun maupun di dalam Commuter Line,” kata dia. 

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis