Libur Panjang Maulid Nabi, Lebih dari 156 .000 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Lebih dari 156 ribu kendaraan meninggalkan area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (jabodetabek) pada saat libur panjang, alias tepatnya dua hari menjelang hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW, menurut catatan Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division. Jasa Marga memantau adanya peningkatan lampau lintas di beberapa ruas tol metropolitan pada Sabtu, 14 September 2024.

Sebanyak 156.627 kendaraan tercatat meninggalkan jabodetabek menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta dan menuju Puncak alias Sukabumi dan sekitarnya melalui tiga Gerbang Tol (GT). Jumlah tersebut meningkat 10,44 persen dibandingkan volume lampau lintas transaksi normal, ialah 141.816 kendaraan.

Menurut pantauan Jasa Marga atas volume lampau lintas transaksi di GT Cengkareng, ada sebanyak 81.428 kendaraan melintas. Jumlah itu meningkat sebesar 11,45 persen dari lampau lintas transaksi normal sebanyak 73.060 kendaraan.

Di GT Benda Utama, tercatat volume lampau lintas transaksi sebanyak 23.396 kendaraan, meningkat 3,31 persen dari volume lampau lintas transaksi normal sebanyak 22.669 kendaraan.

Sementara itu, volume lampau lintas transaksi di GT Ciawi 1 mengalami peningkatan sebesar 12,40 persen dari volume lampau lintas transaksi normal, nan biasanya berjumlah 46.087 kendaraan. Pada Sabtu lalu, sebanyak 51.803 kendaraan melewati gerbang tol tersebut.

Iklan

Menyikapi peningkatan ini, Jasa Marga mengimbau masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan. Hal itu dapat dilakukan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi nan prima, bahan bakar cukup, dan saldo kartu e-toll cukup. 

“Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan satu e-toll nan sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup,” kata badan upaya milik negara itu dalam keterangan tertulis pada Ahad, 15 September 2024. 

Beberapa jalan tol dengan sistem transaksi tertutup antara lain Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II. 

Pilihan Editor: Libur Panjang, Ini Daftar Taman Bermain nan Beri Promo untuk Pengunjung

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis