Luhut Beri Selamat ke Bahlil Usai Terpilih Jadi Ketum Golkar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan memberikan selamat kepada Bahlil Lahadalia nan resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Golkar dalam Munas XI Golkar nan digelar pada Rabu (21/8).

Luhut menilai Menteri ESDM itu bakal memberikan kekuatan baru bagi partai berlambang pohon beringin untuk menghadapi kontestasi Pilkada 2024.

"Selamat buat Pak Bahlil, sudah bagus. Golkar guyub lagi, persiapan maju Pilkada November. Saya kira itu biar Golkar top jaya," kata Luhut di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Luhut pun menilai Munas Golkar kali ini melangkah lancar. Ia juga memastikan tidak ada intervensi dari pihak eksternal mengenai penetapan pucuk ketua partai Golkar.

"Saya kan bilang bagus malah, enggak ada intervensi, intervensi siapa?" ujar Menko Marves itu.

Munas Partai Golkar telah memilih Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM nan baru dilantik sebagai ketua umum secara aklamasi.

Bahlil mengantongi 100 persen support pemilik kewenangan bunyi Munas mulai dari DPD tingkat satu dan dua, DPP, dan organisasi pendiri dan sayap partai.

Sebagai formatur tunggal, Bahalil selanjutnya bakal mengumumkan struktur partai untuk periode kepengurusannya ke depan. Dia bilang struktur kepengurusan bakal diumumkan dalam waktu dekat.

Sementara itu Bahlil mau partainya ke depan bisa menjadi organisasi nan bisa mengandalkan sistem kaderisasi.

Pernyataan itu disampaikan Bahlil saat menyampaikan visi misi sebelum dia ditetapkan sebagai ketua umum terpilih dalam Munas XI Golkar, JCC, Rabu (21/8).

"Yang ketiga adalah memperkuat posisi partai Golkar sebagai organisasi nan mengandalkan sistem Kaderisasi," kata Bahlil dalam pidatonya.

Menurut dia, Golkar mempunyai banyak organisasi mulai dari organisasi pendiri alias Hasta Karya maupun organisasi sayap partai. Dia mau para kader tetap aktif dan menduduki posisi puncak di banyak organisasi tersebut.

"Dulu siapa nan kudu menjadi ketua AMPI kudu orang Golkar, siapa nan menjadi ketua HIPMI kudu orang Golkar, organisasi apa saja pemuda, kudu Golkar. Ke depan kita bakal melakukan seperti itu lagi untuk membangunkan kader," katanya.

Di sisi lain, Bahlil mengaku juga bakal memangkas jumlah struktur kepengurusan Golkar menjadi tak lebih dari 100 orang.

Menurut dia, terlalu banyak personil kepengurusan membikin kerja-kerja partai tak optimal.

Ia juga mau ke depan tak ada lagi faksi-faksi di Golkar. Bahlil minta senior-senior partainya mulai meninggalkan cara-cara lama.

"Misi saya ke depan selain dari apa nan saya sampaikan tadi, adalah kita mau untuk tidak boleh lagi Golkar ke depan ada faksi A, faksi B, Faksi C. Faksi kita hanya satu, partai Golkar," kata Bahlil.

"Udahlah, gaya-gaya lama ini sudahlah abang-abang semua, minta maaf. Saya minta tolong sudah, Kita sama-sama tahu ini," lanjutnya.

(khr/thr/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional