Lukman Edy Gelar Muktamar PKB Tandingan, Dorong Yenny-Khofifah Ketum

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB Lukman Edy menyatakan mendapat mandat dari ratusan DPC PKB untuk menggelar Muktamar di Jakarta pada 2-3 September mendatang.

Menurutnya, Muktamar PKB nan digelar di Bali beberapa waktu lampau abnormal prosedur lantaran melanggar AD/ART partai.

"Kami menganggap muktamar di Bali itu menjadi muktamar nan abnormal prosedur, kemudian muktamar nan sesat, sehingga kami menganggap perlu dilakukan muktamar kembali nan sebenarnya, nan sesuai dengan anggaran dasar dan rumah tangga, dan sesuai dengan UU tentang partai politik," kata Edy di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Selasa (27/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Terutama semangat pro demokrasinya dan ada amanah dan pesan dari PBNU nan tidak diindahkan sama sekali oleh Cak Imin ialah berkenaan dengan PKB kudu kembali ke khittah tahun 1998," imbuh dia.

Ia mendorong tokoh-tokoh NU seperti Yenny Wahid hingga Khofifah untuk maju dalam Muktamar nan rencananya bakal digelar pihaknya.

Edy mengatakan di kepengurusan PKB saat ini juga banyak tokoh nan layak menjadi Ketua Umum.

"Misalnya ada ibu Khofifah, Yenny wahid, Saifullah Yusuf, Abdul Kadir Karding, Halim Iskandar bisa Jazilul Fawaid, Hanif Dhakiri, Ida Fauziah, banyak sekali anak-anak muda ada Adung, Gus Yaqut, banyak sekali kader-kader NU dan PKB nan mumpuni," katanya.

Edy mengaku bakal melapor terlebih dulu ke PBNU soal rencana muktamar tersebut. Ia mengatakan muktamar direncanakan dibuka oleh PBNU dan ditutup oleh presiden.

Meski menyinggung presiden, dia membantah sudah ada obrolan dengak pihak istana soal rencana muktamar.

"Nanti kita lihat pertimbangan PBNU apakah tanggal nan kami ajukan tanggal 2-3 September itu secara teknis, secara prinsip kan sudah tidak jadi masalah...tapi kita bakal konsultasinyang intensif dengan PBNU, lantaran gini, kami punya rencana, muktamar nan bakal kita buat, dibuka oleh PBNU kelak ditutup oleh presiden," katanya.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid untuk meminta respons mengenai langkah Edy ini, namun nan berkepentingan belum merespons.

Sebelumnya, dalam Muktamar PKB ke-6 seluruh DPW PKB di 38 provinsi sepakat menetapkan Cak Imin sebagai ketum PKB.

PKB juga telah menetapkan Ma'ruf Amin sebagai ketua majelis syuro PKB masa hormat 2024-2029.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional