Lurah Ungkap Momen Raffi Ahmad Datang ke Gunungkidul Tinjau Lokasi

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Lurah Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, DIY, Wahyu Suhendri mengungkap momen kehadiran selebritas Raffi Ahmad untuk mengumumkan wacana pembangunan beach club di dekat area Pantai Krakal.

Wahyu menuturkan dirinya baru mengetahui adanya wacana proyek beach club di wilayahnya jelang Raffi meninjau letak pada 16 Desember 2023 silam. Dinamika sebelum itu, dia mengaku kurang paham, termasuk proses jual-beli lahan antara penduduk dan pihak investor.

Kata dia, para penduduk juga tidak tahu persis kapan tanah itu beranjak tangan. Mereka hanya menyebut ada proses jual beli kisaran tahun 2020-2021.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat Raffi meninjau letak diselenggarakan pula aktivitas simbolis 'peletakan batu bersama' nan dihadiri salah satunya Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

"Acaranya peletakan batu bersama. Rencana gitu (menyangkut proyek), tapi waktu itu nggak ada seremonialnya," kata Wahyu saat dihubungi, Jumat (14/6) sore.

"Ya agar lantaran orang ninjau letak aja, tapi lantaran nan ninjau itu public figure ya jadi gempar to. Nggak ada tulisan, nggak ada perayaan, hanya ninjau aja terus Raffi bilang jika mau bikin itu (proyek), kemudian kemarin gempar itu," sambungnya.

Kata dia, pada hari-hari selanjutnya terlihat aktivitas pembukaan akses jalan untuk naik ke atas bukit serta betonisasi. Selebihnya, nihil aktivitas apa pun di sana.

Bahkan, nasib proyek beach club sampai hari ini juga tidak pernah dikomunikasikan lagi. Di lain sisi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) serta izin upaya belum ada.

"Kalau setahu saya belum ada tinjau letak lagi juga, setahu saya hanya momentum 16 Desember itu," bebernya.

Beach club nan bakal dibangun Raffi Ahmad di Gunungkidul diketahui adalah hasil kerja sama dengan beberapa pihak, salah satunya penanammodal asal Yogyakarta, Arbi Leo. Peletakan batu pertama telah dilakukan untuk pembangunan proyek nan dinamai "Resort dan Beach Club Bekizart".

Belakangan, Raffi Ahmad pun pada Selasa (11/6) menyatakan menarik diri dari proyek itu setelah muncul sebuah petisi di change.orgt erkait penolakan pembangunan beach club tersebut. Raffi Ahmad menyampaikan perihal itu lewat akun IG pribadi @raffinagita1717.

Pembangunan beach club itu memang mendapat tentangan, salah satunya dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), nan menyebut proyek tersebut berada di Kawasan Bentangan Alam Karst (KBAK) Gunungsewu bagian timur.

(kum/asa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional