Ma'ruf Amin Groundbreaking Istana Wapres di IKN: Jadi Sumbu Perubahan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 12 Agu 2024 11:32 WIB

Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi meletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN hari ini, Senin (12/8). Wapres Ma'ruf Amin ketika memandang perkembangan pembangunan IKN di Kalimantan Timur, Senin (12/8). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi meletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN hari ini, Senin (12/8).

Ma'ruf menilai pembangunan Istana Wapres di IKN adalah langkah krusial mewujudkan Indonesia nan maju, sejahtera, dan berkeadilan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma'ruf berharap gedung ini dapat menjadi pusat aktivitas kenegaraan nan cerminkan nilai kebangsaan, integritas, dan pelayanan publik.

"Lebih dari itu Istana ini kudu jadi sumbu perubahan dan tempat lahirnya beragam kebijakan krusial nan jadi rencana hidup rakyat Indonesia," kata Ma'ruf dalam video di kanal YouTube Wakil Presiden RI.

Ma'ruf juga berpesan agar pembangunan Istana Wapres terus mengedepankan prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan. Ia mewanti-wanti agar setiap tahap pembangunan meminimalisir kerusakan alam dan efisiensi daya serta melibatkan masyarakat lokal.

"Pembangunan kudu dilakukan dengan standar tinggi. Istana Wapres dan prasarana lain tak boleh berdiskusi dalam perihal kualitas, dari sisi material, bangunan dan desain," ujarnya.

Di sisi lain, Ma'ruf juga menilai pembangunan IKN nan sekarang digagas pemerintah tak sekadar pembangunan proyek infrastruktur. Melainkan juga gambaran visi besar Indonesia menciptakan pusat pemerintahan nan modern, berkelanjutan, inklusif dan berorientasi masa depan.

Ia juga menilai IKN dibangun untuk menjawab beragam tantangan nan dihadapi ibu kota sebelumnya. Seperti persoalan kepadatan penduduk, kemacetan dan keruskaan lingkungan.

Ma'ruf berambisi IKN bukan hanya dijadikan pusat inovasi, pendidikan dan budaya. Melainkan juga menjadi magnet investasi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan masyarakat.

''IKN jadi simbol keberagaman dalam persatuan. Dan setiap perspektif nusantara dapat perhatian nan setara dalam pembangunan nasional," katanya.

Desain Istana Wapres di IKN menggunakan pendekatan kearifan lokal rumah panjang 'Huma Betang Umai' unik Dayak Kalimantan. Rumah budaya itu menganut filosofi kerukunan antarmanusia juga dengan alam.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional