Ma'ruf Amin Siap jadi Juru Damai Konflik PKB dan PBNU

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 17:06 WIB

Ma'ruf Amin menyatakan bersedia menjadi ahli tenteram bagi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Wapres Ma'ruf Amin respons panas hubungan PBNU dan PKB. (CNN Indonesia/Sakti Darma)

Yogyakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menyatakan bersedia menjadi ahli tenteram bagi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) nan hubungannya sekarang sedang memanas.

Ma'ruf mulanya merespons soal rencana PBNU nan bakal sowan menghadap dirinya menyangkut bentrok antara organisasi tersebut dengan PKB.

"Kalau kemauan mereka (PBNU) itu untuk saya dimintai sebagai orang nan gimana mengislahkan, mendamaikan ya dengan tulus, dengan ikhlas, saya sangat bersedia, bersedia tentu," kata Ma'ruf di Bantul, DIY, Rabu (7/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alasan Ma'ruf bersedia lantaran urusan mendamaikan ini adalah perintah agama. Kedua, dia termasuk salah satu tokoh nan membidani lahirnya PKB. Kata Ma'ruf, dirinya pula nan menjadi Ketua Dewan Syuro PKB angkatan pertama.

"Tapi jika hanya untuk nyari peluru untuk menghantam nan satu, hanya minta dari saya tapi untuk digunakan peluru untuk menghantam nan lain, saya tidak bersedia. Itu kan namanya saya memberi peluru-peluru untuk tambah konfliknya," tegas Ma'ruf.

"Tapi jika saya dimintai untuk mendamaikan dan mereka mau berdamai, mencari solusi tentu saya sangat siap untuk melakukan itu," sambungnya.

Perseteruan PKB dan PBNU makin memanas usai kedua pihak saling lempar pernyataan ke publik.

Situasi panas terjadi beberapa bulan terakhir. Cekcok dimulai saat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin memimpin Tim Pengawasan Haji DPR.

Cak Imin mengkritik penyelenggaraan haji, mulai dari letak bermalam nan sempit hingga keterlambatan pelayanan transportasi. Dia membentuk Panitia Khusus Haji di DPR untuk memeriksa pekerjaan Kementerian Agama.

Sementara itu, Kemenag dipimpin oleh Menteri Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut adalah eks Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor dan adik Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.

PBNU kemudian membalas dengan membentuk Tim unik untuk mengkaji ulang hubungan PBNU dan PKB. Gus Yahya mengibaratkan NU adalah pabrik mobil dan PKB adalah mobil hasil produksi nan abnormal sistemnya.

(kum/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional