Mahfud Sebut Airlangga Dijatuhkan: Terjawab Usai Munas Golkar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Yogyakarta, CNN Indonesia --

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD menyebut Airlangga Hartarto telah dijatuhkan dari posisinya sebagai ketua umum Partai Golkar meskipun telah sukses mendongkrak bunyi partai beringin itu di Pemilu 2024.

Mahfud menyebut Menko Perekonomian tersebut apalagi dipaksa lengser sebelum masa jabatannya habis. Airlangga semestinya tetap menjabat ketum Golkar hingga Desember 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Satu periode nan sekarang aja enggak lenyap udah dijatuhkan," kata Mahfud saat mengisi kuliah umum di UGM, Sleman, DIY, Rabu (14/8).

Menurut Mahfud, tak ada nan pernah menyangka Airlangga bakal mendadak mengundurkan diri dari pucuk kepemimpinan Golkar.

"Karena sebelumnya ini Airlangga dahsyat Golkar dibawa dia naik, presiden di bawah support Airlangga naik, Golkarnya kursinya naik, hebat, dikasih tiga periode. Baru ngomong-ngomong gitu, ini calon menteri utama unggulan, partainya besar, pemilunya sukses, malamnya jatuh. Ada apa?" ujarnya.

Ditemui selepas acara, Mahfud memilih tak menjawab saat ditanya apakah mundurnya Airlangga ini adalah akibat intervensi eksternal partai Golkar alias bukan.

Menurut Mahfud, semua pertanyaan di kembali penyebab Airlangga mundur bakal terjawab setelah gelaran musyawarah nasional yang agendanya memilih ketua umum Golkar definitif pada 20 Agustus.

Mahfud hanya meyakini bahwa momen lengsernya Airlangga ini adalah bukti perpolitikan itu berkarakter dinamis, bukan statis. Segala sesuatunya bisa berubah 180 derajat dalam waktu singkat sekalipun.

"Saya tidak tahu, apakah itu intervensi dari Pak Jokowi, alias itu sebenarnya ada orang-orang bandel mengatasnamakan Pak Jokowi, alias memang ada bentrok internal, lantaran politik itu kepentingan, nah itu semua bakal terjawab dari tiga pengganti itu, bakal terjawab kelak sesudah munaslub alias munas nan dipercepat, nan konon di akhir Agustus," ujarnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi membantah tudingan sejumlah pihak nan menyebut dirinya cawe-cawe alias ikut kombinasi dalam pengunduran diri Airlangga dari pucuk ketua partai berlambang pohon beringin itu.

Ia menegaskan urusan pengunduran diri Airlangga merupakan urusan internal partai, sehingga dirinya tidak terlibat di dalamnya.

"Urusan pak Airlangga itu urusan internal partai. Jadi partai itu ada proses, ada mekanisme, silakan ditanyakan kepada Golkar, kepada pak Airlangga," ujarnya.

Airlangga telah menyatakan mundur dari bangku ketum Golkar per Sabtu 10 Agustus. Kemudian Agus Gumiwang Kartasasmita diangkat menjadi pelaksana tugas alias Plt Ketua Umum Partai Golkar dalam rapat pleno semalam.

DPP Golkar memutuskan bakal menggelar Rapimnas serta Musyawarah Nasional untuk memilih ketua umum definitif pada 20 Agustus 2024 mendatang.

(kum/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional