Mangkunegara X Antarkan Kandidat dari KIM Plus Daftar ke KPU Solo

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Solo, CNN Indonesia --

KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengantar pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Respati Ardi - Astrid Widayani.

Pasangan tersebut diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus nan berisi partai-partai di luar PDIP.

Pantauan CNNIndonesia.com, Respati-Astrid satu mobil dengan Bhre. Mereka bertiga berangkat menuju Kantor KPU Kota Solo dari Puro Mangkunegaran, tempat Bhre bertakhta sebagai Adipati.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara di Kantor KPU tampak ribuan kader partai, relawan, hingga simpatisan sudah berkumpul menanti paslon tersebut. Respati-Astrid langsung disambut dengan yel-yel support dari para pendukung.

Bhre berbareng Respati-Astrid turun dari mobil sekitar seratus meter dari pintu masuk Kantor KPU dan melanjutkan dengan jalan kaki sembari menyapa para pendukung.

KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengantar pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Respati Ardi - Astrid Widayani. Pasangan tersebut diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus nan berisi partai-partai di luar PDIP.KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. (CNN Indonesia/Rosyid)

Usai mendaftar, Respati-Astrid mengatakan bakal mengusung keberlanjutan sebagai tema utama pencalonan mereka di Pilkada Solo 2024. Mereka siap melanjutkan program-program Wali Kota Solo sebelumnya nan juga Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

"Seperti nan kita tahu, Solo tiga tahun ke belakang berada di bawah sosok muda nan kita tahu dan rasakan manfaatnya secara langsung," kata Respati.

Ketua BPC HIPMI Kota Solo itu juga menanggapi pencalonannya nan ditentukan dalam hitungan jam menjelang hari terakhir pendaftaran. Ia merasa sudah mempunyai kecocokan dengan Astrid sejak lama.

"Saya dan Mbak Astrid sudah kenal lama. Kebetulan istri saya kawan sebangku dengan mbak Astrid. jadi bayangin, gimana enggak selaras? Mbak Astrid ini sahabatnya istri saya," kata dia.

Sementara itu, Astrid mengatakan Pilkada 2024 di Kota Solo merupakan momen istimewa. Ia menyinggung soal munculnya kandidat wanita pada Pilkada kali ini.

"Tentunya ini menjadi warna baru di Pilkada Kota Solo pertama kalinya ada kandidat perempuan. Mudah-mudahan dengan adanya saya bisa mewakili bunyi dan aspirasi wanita di Kota Solo," kata Rektor Universitas Surakarta (UNSA) itu.

Pasangan Respati-Astrid diusung oleh 11 partai politik. Enam partai mempunyai bangku di DPRD ialah PKS, Gerindra, PSI, Golkar, PKB, dan PAN. Lima lainnya merupakan partai-partai ekstra-parlementer yaitu, PPP, Demokrat, Perindo, Nasdem, dan Partai Prima.

Nama Respati muncul belakangan setelah Bhre mundur dari pencalonan Wali Kota Solo 2024. Ketua DPC Gerindra, Ardianto Kuswinarno mengatakan Respati dicalonkan oleh KIM Plus atas pengarahan dari Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Bhre.

(syd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional