Masa Sanggah CPNS 2024 Berakhir Besok, Ini yang Harus Dilakukan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Masa sanggah seleksi manajemen calon pegawai negeri sipil namalain CPNS 2024 bakal berhujung besok, Ahad, 22 September 2024 pukul 23.59.

Peserta nan dinyatakan tidak lolos dalam seleksi manajemen tetap mempunyai kesempatan untuk lanjut ke tahap berikutnya dengan memanfaatkan masa sanggah nan terdiri dari beberapa tahapan. 

Sebelumnya, hasil seleksi manajemen CPNS 2024 telah diumumkan pada tanggal 14-19 September 2024. Sementara itu, bagi peserta nan dinyatakan tidak lolos, dapat mengusulkan sanggahan alias komplain melalui laman SSCASN nan bisa dilakukan pada 20-22 September 2024.

Dikutip dari laman resmi SSCASN, masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah nan diberikan kepada peserta untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi (seleksi administasi dan seleksi SKB), dan waktu tanggapan sanggah oleh lembaga untuk memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan unik nan ditetapkan Instansi dengan arsip persyaratan nan diajukan pelamar sampai dengan penetapan keputusan sanggah.
https://sscasn.bkn.go.id/faqcpns

Untuk diketahui, pengajuan sanggah hanya bisa dilakukan satu kali, dan setelah mengusulkan sanggah, sistem bakal menampilkan notifikasi bahwa pengajuan telah dilakukan. Selain itu, jika peserta tidak mengusulkan sanggah selama masa waktu nan disediakan, sistem secara otomatis bakal menolak pengajuan sanggahan. Oleh karena itu, para peserta kudu betul-betul teliti dan bijak dalam memanfaatkan masa sanggah. 

Dikutip dari laman bkpsdmd.kerincikab.go.id, berikut merupakan hal-hal nan kudu dilakukan dalam mengusulkan sanggah/komplain melalui laman SSCASN:

1. Buka Laman SSCASN: Kunjungi situs resmi https://sscasn.bkn.go.id dan login menggunakan username/email dan password nan telah didaftarkan.

2. Buka Tab Resume: Setelah sukses login, klik tab “Resume” pada laman utama akun SSCASN Anda.

3. Cek Hasil Seleksi: Gulir ke bawah untuk memandang hasil seleksi administrasi. Jika terdapat pemberitahuan “Mohon Maaf, Anda tidak lolos tahap manajemen karena…”, perhatikan penyebab nan dijelaskan dalam sistem.

Iklan

4. Klik “Ajukan Sanggah”: Pada bagian hasil seleksi, klik tombol “Ajukan Sanggah” untuk memulai proses komplain.

5. Isi Form Sanggah: Akan muncul tampilan form sanggah nan berisi info persyaratan nan tidak terpenuhi. Cek kembali arsip nan telah diunggah dan isikan argumen sanggah dengan jelas dan masuk akal, misalnya: “KTP sudah asli, minta dicek kembali.”

6. Cek Dokumen: Klik tombol “Lihat” untuk memandang arsip nan sudah diunggah guna memastikan bahwa tidak ada kesalahan pada berkas.

7. Centang Disclaimer: Setelah mengisi argumen sanggah, centang kotak disclaimer sebagai pernyataan kesediaan menanggung akibat norma jika isian nan dibuat tidak sesuai dengan dokumen.

8. Akhiri Proses Sanggah: Klik “Akhiri Proses Sanggah”. Sistem bakal menampilkan peringatan “Apakah Anda percaya untuk mengakhiri dan memproses penyanggahan?” Jika yakin, klik “Iya”. Jika belum, pilih “Tidak”.

9. Konfirmasi Pengajuan: Setelah memilih “Iya”, sistem bakal memberikan info bahwa pengajuan sanggah telah berhasil.

Selain langkah mengusulkan sanggah di atas, para peserta juga perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Pastikan untuk memeriksa argumen tidak lolos dengan jeli pada sistem SSCASN.
  • Ajukan sanggah hanya jika percaya bahwa kesalahan berasal dari pihak verifikator.
  • Jika arsip memang tidak valid, lebih baik tidak mengusulkan sanggah lantaran tidak bakal mengubah hasil verifikasi.

Pilihan editor: Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Setjen DPR 2024 dan Jadwal Sanggahnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis