Massa Jebol Pagar Gedung DPR, Demo Diwarnai Bakar Ban dan Lemparan Botol

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 22 Agu 2024 14:30 WIB

Massa tindakan menolak Revisi UU Pilkada menjebol pagar DPR RI, Jakarta. Sebagian lagi mencopot ruji-ruji di bagian pagar nan lain. Sejumlah massa tindakan demonstrasi menolak RUU Pilkada mencopot ruji-ruji pagar area Gedung DPR, pada Kamis (22/8/2024) siang. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah massa tindakan menolak Revisi UU Pilkada mencopot ruji-ruji pagar area Gedung DPR RI, Jakarta, pada Kamis (22/8) siang. Salah satu bagian pagar DPR pun jebol.

Aksi pencopotan ruji-ruji tersebut dilakukan setelah sejumlah massa tindakan sukses memanjat pagar DPR. Pantauan CNNIndonesia.com di letak sejumlah ruji-ruji pagar telah sukses dicopot dari pagar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain juga terlihat beberapa massa tindakan mencoba menggoyang pagar pembatas di area samping pintu utama DPR. Sementara itu dari dalam area DPR polisi mengimbau agar massa tindakan turun dari pagar dan melanjutkan tindakan secara damai.

Demonstrasi juga diwarnai dengan tindakan pembakaran ban hingga banner. Lemparan botol juga tetap terus dilakukan ke arah dalam DPR.

Sementara itu, Rapat Paripurna DPR RI batal mengesahkan RUU Pilkada menjadi Undang-Undang lantaran tidak memenuhi kuorum pada hari ini, Kamis (22/8). Hanya 89 personil nan datang ke Rapat Paripurna nan beragenda tunggal pengesahan RUU Pilkada itu.

Pembatalan ini dilakukan di tengah gelombang protes besar dari rakyat Indonesia. Demo besar di sejumlah kota serempak digelar hari ini.

Aparat kepolisian telah berjaga di depan Kompleks Parlemen di Jakarta. Demo besar nan terpusat di DPR ini mengusung agenda menolak pengesahan Revisi UU Pilkada di depan Gedung DPR RI, Jakarta, hari ini.

Demo ini juga menjadi bagian dari aktivitas 'peringatan darurat Indonesia' nan viral di media sosial setelah manuver DPR mengabaikan putusan MK.

(tfq/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional