Massa Mulai Masuk ke Jalan Tol Depan Gedung DPR, Kendaraan Tertahan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 22 Agu 2024 17:11 WIB

Massa tindakan tolak RUU Pilkada mulai masuk ke area tol dalam kota di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8) sore. Massa pedemo tolak RUU Pilkada memblokade jalan tol dalam kota di depan Gedung DPR. (CNN Indonesia/Patricia Diah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Massa tindakan tolak revisi UU Pilkada mulai masuk ke area tol dalam kota di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8) sore.

Pantauan CNNIndonesia.com, kendaraan pun tertahan di jalan. Lalu lintas mulai padat. Kendaraan taktis (rantis) disiagakan di ruas tol tersebut.

Buntut peristiwa itu, kendaraan nan mengarah ke Slipi diputar kembali kembali ke arah Kuningan. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, di gedung DPR, pintu pagar sudah jebol di beberapa titik. Aparat kepolisian pun mulai menembakkan gas air mata ke arah massa nan memperkuat di depan gedung DPR.

Aksi demonstrasi besar-besaran ini digelar buntut sikap pemerintah dan DPR nan menyetujui revisi UU Pilkada Nomor 10/2016. Rapat pembahasan itu hanya berjalan selama tujuh jam pada Rabu (21/8).

PDIP jadi satu-satunya fraksi di DPR nan menolak revisi UU Pilkada itu. Materi nan disepakati dalam pembahasan itu justru bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang periode pemisah pencalonan kepala wilayah dan penghitungan syarat usia pasangan calon kepala daerah.

Pada Kamis ini, DPR sedianya mengagendakan rapat paripurna pengesahan RUU Pilkada. Namun, rapat paripurna ditunda lantaran personil majelis peserta rapat tidak memenuhi kuorum. Belum ada kejelasan sampai kapan pengesahan ditunda alias betul-betul dibatalkan.

(dis/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional