Megawati Beri Sinyal PDIP Jadi Oposisi, Minta Kader Keluar Zona Nyaman

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 18:15 WIB

Megawati memberi sinyal PDIP bakal berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto lewat pidatonya di Rakernas V partai. Megawati beri sinyal bakal jadi oposisi di pemerintahan Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri memberi sinyal partainya bakal berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto lewat pidatonya di Rakernas V partai, Jumat (24/5).

Megawati mengatakan PDIP adalah partai nan mempunyai keteguhan dan keberanian. Dia pun meminta kadernya untuk keluar dari area nyaman.

"Partai kami adalah partai nan mempunyai keteguhan dan kesabaran nan luar biasa. Siapa nan enggak mau ngikut? Ya iya lah, sudah lah enggak area nyaman, area nyaman melulu," ucap Mega di hadapan ribuan kader nan hadir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mendengar pidato Mega, ribuan kader pun bersorak. Namun begitu, Megawati menambahkan bahwa sistem politik Indonesia tak mengenal istilah oposisi, nan betul ialah berada di luar pemerintahan.

Dia lebih lanjut menilai check and balances alias kekuatan penyeimbang krusial dalam negara demokrasi. Meski di sisi lain, Megawati menilai berpolitik tetap memerlukan kekuasaan. Hanya saja, kata dia, nan membedakan adalah langkah mendapatkannya.

"Hanya bedanya apa toh, ialah strategi dan langkah untuk mendapatkan kekuasaan lah nan membedakan kita dengan nan lainnya," kata Mega.

Sementara itu, mengenai sikap PDIP ke depan, Megawati mengaku tetap bakal mendengarkan bunyi dan masukan dari para kader. Dia menyebut sikap PDIP pada pemerintahan mendatang bakal menjadi prioritas dalam gelaran Rakernas V kali ini.

"Lalu gimana sikap PDIP terhadap pemerintahan ke depan? Tentu kudu dicermati dengan seksama. Partai kudu mendengarkan semua bunyi akar rumput dari nan berteriak-teriak sampai sayup-sayup dan terus berjuang bagi terlembaga kerakyatan nan sehat inilah bagian daripada skala prioritas di Rakernas V ini," kata Mega.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional