Megawati hingga SBY Akan Diundang Upacara 17 Agustus di IKN

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 10 Jun 2024 13:52 WIB

Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal diundang menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di IKN. Presiden Jokowi meninjau langsung persiapan lapangan Upacara HUT RI di IKN. (Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal diundang menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Iya diundang [presiden terdahulu], pada prinsipnya diundang ya tokoh-tokoh, terutama nan ada hubungannya dengan istilahnya jasa mereka dalam merebut kemerdekaan dan juga pengabdian selama ini," kata Yudian di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6).

Yudian lantas merinci persiapan calon Paskibraka tingkat pusat jelang Upacara HUT RI. Ia mengatakan calon Paskibraka bakal diberangkatkan ke IKN pada 10 Agustus 2024 melalui Balikpapan. Kemudian mereka bakal dikukuhkan rencananya pada tanggal 15 Agustus 2024 di IKN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan bakal 76 orang Paskibraka bakal dikukuhkan. Ini terdiri dari 38 putra dan 38 putri mewakili 38 provinsi.

"BPIP juga telah membikin salinan Bendera Pusaka untuk didistribusikan ke Istana, 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota untuk dikibarkan, di peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 di seluruh wilayah Indonesia," kata dia.

Di sisi lain, Yudian juga memastikan BPIP siap jika tim Paskibraka tahun ini kudu dibagi dua tim untuk upacara di IKN dan di Jakarta.

"Pada prinsipnya kami sudah siap, termasuk nan di wilayah provinsi-provinsi se-Indonesia, kabupaten nan ditangani oleh masing-masing kepanitiaan berasas wilayah masing-masing. Ada di tingkat provinsi, kabupaten/kota," kata dia.

Sebelumnya Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto bakal menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia 17 Agustus di IKN.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka upacara di Jakarta. Hal ini lantaran pemerintah berencana menggelar dua upacara pada tahun ini.

(dhf/rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional