Megawati Umumkan Kader PDIP yang Diusung Maju di Pilkada 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut bakal segera mengumumkan daftar calon kepala wilayah tahap pertama nan bakal diusung partainya di Pilkada 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya sekarang hanya tinggal menyesuaikan agenda Megawat dan kedua anaknya ialah Prananda Prabowo dan Puan Maharani hingga nama-nama itu resmi diumumkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Waktunya bakal menyesuaikan dengan agenda dari Ibu Megawati Soekarnoputri, Mas Prananda dan Mbak Puan Maharani sehingga gelombang pertama pengumuman calon kepala wilayah ini bakal segera dilakuka," kata Hasto saat menghadiri training Tim Pemenangan Pilkada PDIP di Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8).

Menurut dia, hingga sekarang PDIP total telah mengeluarkan 70 surat rekomendasi pencalonan untuk Pilkada 2024. Hasto bilang mereka nan bakal diumumkan disyaratkan telah mengikuti Pelatihan Tim Pemenangan Pilkada.

Untuk tahap pertama, kata Hasto, mereka nan diumumkan adalah para calon kepala wilayah tingkat kabupaten kota. Sementara, untuk tingkat provinsi pihaknya tetap dalam tahap komunikasi. Sebab, kata dia, provinsi umumnya saling mempunyai keterkaitan.

"Mengapa di provinsi itu belum diumumkan? Karena ada keterkaitan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya," kata dia.

Hasto mengungkap pihaknya terus menjalin komunikasi dengan semua partai hingga saat ini. Namun, di beberapa wilayah basis, dia bilang PDIP banyak bekerja sama dengan Hanura.

"Banyak kerja sama dengan Hanura nan dilakukan di wilayah-wilayah nan merupakan pedoman PDI Perjuangan. Jadi tunggu momentumnya ditargetkan gelombang pertama bakal segera diumumkan," katanya.

Hasto melanjutkan, beberapa provinsi nan tetap dalam proses alias tetap didalami khususnya di daerah-daerah strategis Pulau Jawa seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali.

Meski begitu, sejumlah provinsi disebut Hasto juga mulai mengerucut, seperti di Riau, Banten, hingga Sumatera Utara.

"Ya Sumut sudah mengerucut dan hari Sabtu ini bakal dilakukan konsolidasi Satgas oleh Bapak Komarudin Watubun [Ketua DPP Bidang Kehormatan Partai]," katanya.

Menurut Hasto, pengumuman nantinya bakal dilakukan dalam tiga gelombang hingga terakhir pada 26 Agustus alias sehari sebelum penutupan pendaftaran calon kepala wilayah di KPU.

(thr/rds)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional