Megawati Ungkap PPP, Hanura, dan Perindo Tetap Ikut PDIP

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa tiga partai politik koalisi di Pilpres 2024, ialah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo tetap setia dengan partainya.

"Karena saya juga bertanya bahwa ini pileg, pilpres, sudah dinyatakan selesai, tetapi tentu saya mau menanyakan, bapak bertiga bagaimana? 'Saya tetap terus mau ikut sama PDI Perjuangan'," kata Megawati menirukan jawaban ketiga partai tersebut dalam pidato politik pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Jakarta, Jumat (24/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Megawati berterima kasih atas kesetiaan PPP, Hanura, dan Perindo.

"Saya tentunya sangat berbesar hati dan mengucapkan beribu-ribu terima kasih lantaran sebetulnya, harusnya, begitulah tata krama nan namanya di negara kita ini," ujarnya.

Pada mulanya Megawati mengatakan bahwa PDIP tidak bisa membentuk sistem koalisi lantaran sistem ketatanegaraan Indonesia merupakan sistem presidensial.

"Jadi, bukan parlementer. Jadi, sebetulnya kita ini tidak ada koalisi, lampau oposisi. Jadi, memang agak susah sebetulnya. Karena jika tidak ikut, lampau apa, ya? Jadi, saya bilang kepada mereka bertiga, kerja sama. Karena memang begitulah, tidak bisa koalisi. Karena kita sistemnya kelak parlementer," ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP PPP Rusli Effendi, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo tampak datang dalam pembukaan Rakernas V PDI Perjuangan itu.

Dalam pidatonya, presiden kelima RI itu juga menyinggung sikap politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, menentukan sikap politik kudu dicermati dengan saksama.

"Partai kudu mendengarkan semua bunyi akar rumput, dari nan berteriak-teriak sampai sayup-sayup, dan terus berjuang bagi terlembaganya kerakyatan nan sehat," ucap Megawati.

Mencermati bunyi akar rumput tersebut, kata Megawati, merupakan bagian dari skala prioritas rakernas kali ini. Selain pemantapan sikap politik, Rakernas V PDIP juga membahas pemenangan Pilkada 2024 dan perumusan program kerakyatan.

Rakernas V PDIP mengangkat tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang dengan subtema Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran nan Berjaya.

(Antara/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional