Melihat Gagahnya Pindad Maung Bawa Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 11:30 WIB

Kendaraan taktis pabrikan Pindad, Maung digunakan untuk membawa salinan bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi saat kirab akhir pekan ini. Kendaraan taktis pabrikan Pindad, Maung digunakan untuk membawa salinan bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi saat kirab akhir pekan ini. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

Jakarta, CNN Indonesia --

Kendaraan taktis pabrikan Pindad, Maung digunakan untuk membawa dua personil Paskibraka beserta salinan bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi saat kirab akhir pekan ini.

Prosesi kirab kedua barang sakral ini menjadi perihal pertama dalam sejarah. Kedua barang itu hendak diboyong dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sabtu (10/8).

Ada perihal nan terbilang menarik dari kirab ini. Kedua barang pusaka dibawa dari Monas ke Lanud Halim Perdanakusuma menggunakan kendaraan taktis buatan dalam negeri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang menarik bendera salinan dan teks proklamasi bakal menggunakan kendaraan taktis Maung buatan Pindad kita sekaligus menggunakan produksi dalam negeri," kata Deputi Protokol dan Pers Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Jakarta Pusat, Sabtu (10/8).

Kendaraan taktis Pindad Maung ini dikendarai oleh seorang Polisi Militer berbaret biru. Jip empat bangku dan berpelat Kemenhan ini hanya ditunggangi tiga orang, dua di antaranya adalah pembawa salinan bendera pusaka Merah Putih Kachina Ozora dan pembawa teks original proklamasi Keyla Azzahra Purnama.

Keduanya merupakan personil Paskibraka Nasional 2023, dan mengemban tugas krusial dalam prosesi ini.

Jip Pindad Maung nan ditunggangi ini berkelir hitam persis seperti nan digunakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo saat berjamu ke Pindad pada September 2023.

Kala itu Prabowo sendiri nan mengemudikan Maung untuk membujuk Jokowi berkeliling di area pabrik senjata nan berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Prabowo juga menggunakan rantis Maung ini untuk mendaftarkan diri menjadi calon presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia ditemani cawapres, Gibran Rakabuming Raka pada Oktober 2023.

Pindad Maung mengandalkan mesin turbo diesel 2.494 cc 2GD-FTV nan belakangan disuplai Toyota. Mesin ini juga disematkan pada pikap Hilux.

Kendaraan ini bisa mengangkut persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, dan dilengkapi perangkat GPS navigasi, serta tracker kendaraan.

Maung punya dimensi panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, tinggi 1,8 meter sertawheelbase2,8 meter. Ground clearance jip ini mencapai 30 cm.

Kecepatan maksimal nan bisa didapat ialah 120 kilometer per jam dan dapat digunakan hingga 800 kilometer.

[Gambas:Video CNN]

(chan/agt)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional