Melihat Lokasi Proyek Beach Club Raffi Ahmad di Gunungkidul DIY

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Yogyakarta, CNN Indonesia --

Wacana pembangunan beach club di Pantai Krakal, Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, DIY kembali jadi sorotan usai muncul petisi penolakan atas proyek nan sempat diikuti selebritas Raffi Ahmad.

Belakangan diketahui bahwa penanammodal beach club juga belum mengurus izin upaya ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gunungkidul, termasuk Raffi Ahmad nan sudah menarik diri proyek resort tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

CNNIndonesia.com, mendatangi letak bakal proyek beach club tersebut, Jumat (14/6). Lokasi nan digadang-gadang jadi tempat berdirinya resort tersebut ditutup dengan pagar besi plus kunci gembok. Selain itu, tak ada pengamanan lain.

Di sebelah pintu masuk didirikan sebuah gazebo mini berukuran sekitar 2 x 2 meter.

Calon letak beach club tersebut berada di bukit karst dan sudah dibangun jalan cor beton. Butuh setidaknya melewati tujuh kelok dengan kontur menanjak untuk bisa mencapai area puncaknya.

Sesampainya di atas, hanya ditemukan sebuah gubuk mini dan dua bangku besi. Selebihnya adalah pagar kayu usang dan tanaman liar nan tumbuh tak teratur. Terpantau tidak ada perangkat berat terparkir di lokasi.

Panorama Pantai Krakal di sebelah selatan dan perbukitan karst bisa langsung terlihat dari area puncak. Deburan ombak juga terdengar jelas dari sana, mengingat jarak antara dua titik juga tak lebih dari dua kilometer.

Tempat inilah nan menjadi letak Raffi Ahmad berpotret dan diunggah ke Instagramnya pada Desember 2023.

Raffi Ahmad menyatakan menarik diri dari proyek beach club Gunung Kidul pada Selasa (11/6). Dia menyampaikan keputusan itu lewat akun IG pribadi @raffinagita1717.

Ia mundur lantaran mengaku akhirnya memahami bahwa proyek tersebut kontroversial lantaran tidak sesuai dengan peraturan nan bertindak di Indonesia.

"Jika ini memang belum memberikan faedah serta dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan lingkungan, saya bakal menarik diri dari proyek ini," kata Raffi melalui Instagram.

Beach club nan bakal dibangun Raffi Ahmad di Gunung Kidul adalah hasil kerja sama dengan beberapa pihak, salah satunya penanammodal asal Yogyakarta, Arbi Leo.

Bahkan, peletakan batu pertama telah dilakukan oleh Raffi Ahmad dan Arbi Leo untuk pembangunan proyek nan dinamai "Resort dan Beach Club Bekizart".

Lokasi pembangunan beach club di Pantai Krakal, Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, DIY menjadi sorotan usai muncul petisi penolakan atas proyek nan sempat diikuti selebritas Raffi Ahmad tersebut. (CNN Indonesia/ Tunggul Damarjati)Lokasi rencana pembangunan beach club di Pantai Krakal, Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, DIY, nan sempat diikuti selebritas Raffi Ahmad tersebut. (CNN Indonesia/Tunggul Damarjati)

Di bawah naungan PT Agung Rans Bersahaja Indonesia (ARBI), beach club tersebut bakal menjadi nan terbesar di Indonesia.

Luas tanah untuk beach club ditaksir mencapai 10 hektar.

Nantinya juga bakal tersedia akomodasi lain di Resort dan Beach Club Bekizart seperti, bekizart villa, spa dan yoga, iconic area, ballroom, hotel, business centre, kavling area, sampai restoran.

Potensi merusak bentang alam karst

Rencana pembangunan beach club Gunung Kidul mendapat tentangan, salah satunya dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), nan menyebut proyek tersebut berada di Kawasan Bentangan Alam Karst (KBAK) Gunungsewu bagian timur.

Di dalam Permen Nomor 17 tahun 2012 turut menyebut Kawasan Bentang Alam Karst adalah area lindung pengetahuan bumi sebagai bagian area lindung nasional. Pemanfaatannya tidak boleh berpotensi merusak area bentang alam karst.

Walhi menilai pembangunan wisata milik Raffi itu berpotensi merusak wilayah batuan karst serta daya tampung dan dukung air. Selain itu, Walhi menyebut wilayah KBAK tersebut merupakan area rawan banjir dan amblesan tinggi.

"Pada peta KBAK Gunung Sewu bagian Timur, wilayah Kapanewon Tanjungsari mempunyai zona-zona rawan musibah banjir dan area rawan musibah amblesan tinggi. Pembangunan club beach Bizert dengan luas tersebut dapat memperbesar potensi terjadinya banjir dan longsor lantaran menghilangnya daya dukung dan daya tampung di wilayah Tanjungsari," jelasnya.

Langkah Raffi Ahmad menarik diri dari proyek beach club tersebut pun diapresiasi oleh Walhi cs. Mereka juga berambisi penanammodal lain dari proyek ini ikut mundur.

(pmg/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional