Menag Yaqut Bakal Coret Syarat FKUB dari Izin Rumah Ibadah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 03 Agu 2024 16:42 WIB

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut pendirian rumah ibadah ke depannya hanya memerlukan rekomendasi dari Kemenag. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut pendirian rumah ibadah ke depannya hanya memerlukan rekomendasi dari Kemenag. (CNN Indonesia/Panji Septo Raharjo)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut pendirian rumah ibadah ke depannya hanya memerlukan rekomendasi dari Kemenag, dan rekomendasi dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bakal dicoret.

"Ada dua rekomendasi (dalam patokan lama) nan kudu dipenuhi, tentu ini mempersulit bagi Bapak-Ibu sekalian ya, terutama ketika di situ ada muslim nan banyak dan mayoritas," kata Yaqut dalam aktivitas Dialog Kebangsaan dan Rapat Kerja Nasional Gekira di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (3/8).

"Pemerintah untuk menunjukkan kehadirannya, maka rekomendasi pendirian rumah ibadah hanya cukup dengan Kementerian Agama saja, FKUB dicoret," ujarnya lagi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebih lanjut, Yaqut mengatakan peraturan terbaru perizinan rumah ibadah tanpa rekomendasi dari FKUB bakal segera diteken melalui Peraturan Presiden.

Ia menyebut perubahan patokan itu juga telah disepakati oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Mendagri Tito Karnavian.

"Kemarin Pak Menko Polhukam sudah bermufakat dengan kami dan Pak Mendagri untuk ini dijadikan Perpres. Jadi sejenak lagi, mudah-mudahan pendirian rumah ibadah ini tidak bakal susah lagi," katanya.

Kendati demikian, Yaqut menilai tetap bakal ada potensi halangan dalam mendirikan rumah ibadah meski peraturan tersebut disederhanakan, ialah dari para kepala wilayah nan tetap kudu mengeluarkan izin pembangunan rumah ibadah.

Oleh lantaran itu, klaim dia, para kader Gerindra kudu menang dalam Pilkada 2024 agar pendirian rumah ibadah dapat lebih mudah.

"Bagaimana caranya agar rumah ibadah ini bisa mudah berdiri setelah rekomendasi juga dipermudah hanya cukup melalui Kementerian Agama? Caranya bagaimana? Maka kader-kader Gerindra kudu memenangi Pilkada-Pilkada di wilayah nan bakal datang," tutur dia.

(mab/vws)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional