Menag Yaqut: Prabowo Benar, Bung Karno Bukan Milik Satu Partai

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 03 Agu 2024 19:15 WIB

Menag Yaqut Cholil Qoumas menilai Ketum Gerindra nan juga Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah tepat menyebut Bung Karno juga milik Gerindra. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut Presiden pertama RI dan pemikirannya adalah milik seluruh bangsa Indonesia dan tidak boleh diklaim sepihak oleh golongan tertentu. (CNN Indonesia/Tunggul Damarjati)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut Presiden pertama RI Sukarno namalain Bung Karno dan pemikirannya adalah milik seluruh bangsa Indonesia dan tidak boleh diklaim sepihak oleh golongan tertentu.

Yaqut mendasarkan penilaian itu atas perkataan Bung Karno nan mengaku tidak menemukan Pancasila secara sendiri melainkan hasil pengumpulan tradisi nan ada di Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Maka betul jika Bung Karno tidak boleh diklaim oleh satu golongan saja. Bung Karno tidak boleh diklaim oleh satu partai saja, tidak boleh. Bung Karno milik semua bangsa ini, Bung Karno milik semua partai," kata Yaqut dalam aktivitas Dialog Kebangsaan dan Rapat Kerja Nasional Gekira di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (3/8).

Yaqut pun membenarkan perkataan Ketum Gerindra Prabowo Subianto nan pernah melontarkan pernyataan serupa.

Di sisi lain, Yaqut menyebut seluruh komponen masyarakat Indonesia kudu berterima kasih atas kehadiran Sukarno untuk Indonesia.

Terlebih, kata dia, Sukarno sukses mempersatukan Indonesia secara kokoh nan terbukti hingga hari ini Indonesia tetap bersatu.

"Jadi sudah tepat jika ketua umum Gerindra Pak Prabowo Subianto beberapa waktu nan lampau juga mengatakan Bung Karno itu juga milik Gerindra," ujarnya.

"Maka kita berterima kasih Bapak Ibu sekalian, kita mempunyai bangsa nan namanya Indonesia, dan punya pemimpin nan namanya Ir Sukarno," kata Yaqut melanjutkan.

Sebelumnya, Prabowo menyatakan perihal serupa ketika menghadiri Rakornas PAN pada Kamis, (9/5) lalu.

Ia mengatakan Sukarno dan pemikirannya bukan hanya milik satu partai melainkan milik seluruh rakyat Indonesia.

"Walaupun ada nan ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak, Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

(fra/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional