Menjelang Sidang Kabinet di IKN, Sebagian Besar Rumah Dinas Menteri Belum Siap

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut ada 14 rumah tapak kedudukan menteri nan siap digunakan saat sidang kabinet pada 12 Agustus mendatang. Jumlah ini belum mencapai separuh dari total rumah menteri nan dibangun di ibu kota baru, ialah sebanyak 36 unit.

"14 rumah siap dimanfaatkan. Nanti nan mengatur Menteri Sekretariat Negara. Siapa ditempatkan di mana," ujar Basuki di Kementerian PUPR, Jumat, 2 Agustus 2024.

Adapun sebelumnya, Presiden Jokowi sempat berencana menggelar sidang kabinet di IKN pada akhir Juli 2024. Wacana ini diungkap pejabat di lingkaran Istana kepada Tempo. Namun, sidang kabinet itu tidak terealisasi ketika Jokowi ke IKN padda 28-30 Juli.

Jokowi dalam keterangan pers di IKN pada Ahad, 29 Juli 2024, sempat mengatakan dia menunggu menteri nan kunjungan kerja ke luar negeri untuk sidang kabinet di Istana calon Ibu Kota baru.

Kepala negara juga mengatakan bahwa dia tetap menunggu kesiapan sarana dan prasarana untuk menggelar Sidang Kabinet IKN. Jokowi mengatakan bahwa dia sendiri tidak mempermasalahkan andaikan akomodasi belum siap. Tetapi saat mendatangkan tamu, maka semuanya kudu komplit.

Iklan

“Menunggu semuanya siap, komplit . Tidak hanya listriknya, tidak hanya airnya. Tapi juga AC-nya, kursinya, furniturnya,” Jokowi usai aktivitas ekonomi digital Bank Indonesia di Jakarta Convention Center, Senayan, pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Daniel A. Fajri berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Edisi Khusus 10 Tahun Jokowi: Pekerja Celaka lantaran UU Cipta Kerja

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis