Menkes: 78 Ribu Bayi Meninggal Tiap Tahun, Paling Banyak Prematur

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan kematian bayi di Indonesia paling banyak disebabkan oleh kelahiran prematur.

"Di Indonesia paling banyak (meninggal) lantaran prematur," kata  saat ditemui usai peresmian Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RSUP Ngoerah diDenpasar, Senin.

Budi mengatakan setiap tahunnya ada 78 ribu bayi di Indonesia nan meninggal dari 4,6 juta nan dilahirkan. Paling banyak terjadi di pulau Jawa mengingat jumlah masyarakat di wilayah itu juga sangat besar.

Budi menyebut pernikahan awal juga menjadi salah satu aspek penyebab timbulnya masalah pada rahim istri, sehingga bayi sigap lahir dengan berat nan di bawah rata-rata kelahiran normal.

"Di Indonesia menikahnya terlampau cepat, ada masalah di kandungan, di bawah 37 minggu lahirnya," katanya.

Untuk menangani kasus tersebut, saat ini pemerintah membagi perawatan bayi dengan tingkatan berat saat kelahiran untuk menekan nomor kematian bayi. Dia pun tidak menjelaskan secara perincian mengenai dengan sistem penanganan bayi di setiap tingkatannya, sehingga berpengaruh terhadap penekanan nomor kematian bayi.

"Kita sudah bagi, di puskesmas bisa di bawah 2 kilogram, di 514 rumah sakit kabupaten/kota bisa di bawah 1,8 kilogram, rumah sakit provinsi bisa sampai 1 kilogram dan di bawah 1 kg RS vertikal kita," kata dia.

Itulah sebabnya, Kementerian Kesehatan terus membangun lebih banyak pelayanan rumah sakit ibu dan anak untuk menangani kelahiran di bawah rata-rata dan mengurangi kematian bayi.

Dia merincikan, setelah pandemi COVID-19 selesai, pemerintah menargetkan ada 17 rumah sakit ibu dan anak nan bakal didirikan di Indonesia, salah satunya Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Ngoerah Denpasar nan diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dari 17 tersebut, ada 12 nan pembangunannya sudah dimulai, sedangkan sisanya bakal dimulai pada pemerintah presiden selanjutnya di mana pendanaannya sudah disiapkan.

Menurut Menkes, RS Ibu dan Anak menjadi kebutuhan krusial untuk segera dibangun merujuk pada info kematian bayi nan banyak terjadi di Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

(kdf/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional