Menkes Minta Semua Fakultas Kedokteran Investigasi Bullying PPDS

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 05 Sep 2024 21:28 WIB

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memnta semua fakultas kedokteran di Indonesia menginvestigasi dugaan bullying di lingkungan PPDS. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memnta semua fakultas kedokteran di Indonesia menginvestigasi dugaan bullying di lingkungan PPDS. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Surabaya, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meminta semua dekan serta ketua fakultas kedokteran beragam kampus di Indonesia untuk menginvestigasi dugaan perundungan alias bullying di lingkungan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) masing-masing.

"Saya minta masing-masing dekan [fakultas kedokteran] perguruan tinggi [melakukan investigasi], ini kan merupakan kesepakatan memperbaiki," kata Budi di Surabaya, Kamis (5/9).

Perundungan di lingkungan PPDS ini terungkap dari kasus kematian mahasiswi PPDS Anestesi Undip master Aulia Risma Lestari nan diduga bunuh diri akibat dirundung seniornya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kasus perundungan di lingkungan PPDS lainnya kemudian terungkap di Universitas Padjadjaran (Unpad). Pihak kampus melakukan investigasi mandiri. 10 orang kemudian disanksi.

Menkes Budi pun minta fakultas kedokteran di kampus-kampus lain meniru upaya Unpad itu. Agar sistem PPDS bisa diperbaiki hingga peristiwa serupa tak terulang lagi.

"Kan Unpad sudah kan [investigasi]. Ya saya rasa itu langkah nan bagus untuk diikuti," ucapnya.

"Mudah-mudahan kita bisa hapus, sudah berapa banyak korbannya, sudah terlalu lama juga," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebut sudah ada sekitar 300 temuan kasus dugaan perundungan atau bullying di lingkungan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran sejumlah Universitas di Indonesia.

Dante mengatakan temuan itu didapatkan dari sekitar 1.000 kasus nan dilaporkan ke Kemenkes. Namun setelah diverifikasi, tidak semuanya dikategorikan perundungan, hanya 30 persen nan diduga kuat terjadi praktik bullying.

"Sudah ada 300 kasus kira-kira perundungan," kata Dante di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9).

Dante mengatakan kasus dugaan perundungan itu kudu segera diinvestigasi seluruhnya. Sebab menurutnya tidak boleh lagi ada praktik perundungan di bumi pendidikan kedokteran. Dante mengingatkan master merupakan pekerjaan nan mulia sehingga tahapan dan proses menjadi master kudu dimulai dengan hati nan bersih.

Menanggapi temuan ini, Rektor Unair Mohammad Nasih mengaku terbuka dengan investigasi tersebut. Hal itu dilakukan agar kasus bisa menjadi terang dan jelas.

"Ya enggak apa-apa. Biar semuanya menjadi jelas dan tidak menimbulkan tuduhan ya, memang kudu diinvestigasi," kata Nasih saat dikonfirmasi awak media, Rabu (4/9).

(frd/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional