Menkes Respons Fakultas Kedokteran Unair Tolak Dokter Asing

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 02 Jul 2024 15:59 WIB

Menkes Budi Gunadi mengungkap argumen kuat Indonesia berencana mendatangkan master asing ke Indonesia di tengah adanya penolakan. Menkes Budi respons kritik Unair soal mau impor master asing.(CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut argumen kuat Indonesia berencana mendatangkan dokter asing ke Indonesia adalah untuk menyelamatkan ribuan bayi dengan kelainan jantung bawaan.

Budi menyebut setidaknya 12 ribu bayi di Indonesia mempunyai kelainan jantung bawaan. Sementara jumlah master nan bisa menangani alias mengoperasi pasien bayi tersebut hanya sekitar 6 ribu, sehingga 6 ribu bayi lainnya berpotensi meninggal bumi lantaran tidak tertangani dengan baik.

"Kedatangan master asing itu itu sebenarnya untuk menyelamatkan 6 ribu nyawa ini," ujar Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi pun memastikan pemerintah sama sekali tidak mempunyai niatan untuk menciptakan kejadian master asing nan menjadi saingan bagi master dalam negeri. Ia meyakini master Indonesia juga mempunyai kualitas baik dan keahlian nan mumpuni.

Namun menurutnya, masalah meninggalnya ribuan bayi setiap tahun itu perlu disikapi sesegera mungkin oleh pemerintah. Selain faskes dan alkes, tenaga medis merupakan kunci krusial dalam membikin sistem kesehatan di Indonesia lebih baik.

"Jadi enggak ada hubungannya dengan kualitas dokter, enggak ada hubungannya dengan keahlian master kita, itu ya mungkin [dokter Indonesia] agak tersentuh secara emosional. Tapi sebenarnya, masalahnya adalah masalah menyelamatkan nyawa," ujar Budi.

FK Unair sebelumnya merespons tegas sinyal Menkes Budi untuk mendatangkan master asing. FK pun dengan tegas menolak wacana itu.

"Secara pribadi dan institusi, kami dari fakultas kedokteran tidak setuju," kata Dekan FK Unair Budi Santoso ditemui detikJatim di Kampus Unair A, Kamis (27/6).

Budi pun meyakini 92 Fakultas Kedokteran di Indonesia bisa meluluskan dokter-dokter nan berkualitas. Bahkan kualitasnya dia yakini tidak kalah dengan dokter-dokter asing.

"Saya pikir semua master di Indonesia tidak rela jika master asing bekerja di sini, lantaran kita bisa untuk memenuhi dan kita bisa menjadi master tuan rumah sendiri," ujarnya.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional