Menko Polhukam Buka Suara soal Pilot Selandia Baru Tewas Di Papua

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Nusantara, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Hadi Tjahjanto, buka bunyi soal pilot Selandia Baru, Glen Malcolm Conning, nan tewas dibunuh Organisasi Papua Merdeka (OPM) baru-baru ini.

Hadi mengatakan abdi negara bakal mengejar para pelaku pembunuhan sampai tertangkap dan diadili.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita tegas, kita bakal melakukan tindakan tegas, dan terukur. Karena sudah mengganggu, abdi negara bakal melakukan pengejaran," ucap Hadi saat berjumpa awak media di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (7/8).

Hadi menuturkan pilot dan para penumpang merupakan tenaga kemanusiaan dan kesehatan nan dikirim ke pedalaman untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat lokal.

"Mereka itu tenaga-tenaga kemanusiaan loh, tenaga kesehatan, nan dikirim ke pedalaman dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ko malah diganggu seperti itu," papar Hadi lagi.

Hadi mengaku belum ada rencana mengerahkan pasukan TNI dan Polri tambahan ke Papua, terutama Distrik Alama, Mimika, Papua Tengah, tempat pembunuhan terjadi. Distrik Alama merupakan wilayah nan terisolir di Papua.

Menurutnya, pasukan keamanan saat ini tetap bisa menangani ancaman di wilayah tersebut.

"Kalau penambahan pasukan saya kira pasukan nan sekarang ini pun sudah bisa mengejar mereka (pelaku)," kata Hadi saat ditanya wartawan soal kemungkinan menambah abdi negara TNI/Polri ke Papua.

Selandia Baru sudah mengonfirmasi bahwa penduduk negaranya telah tewas terbunuh di Papua.

"Telah dipastikan bahwa pilot helikopter Selandia Baru, Glen Conning, telah tewas di wilayah terpencil di Papua, Indonesia," kata jubir MFAT kepada CNNIndonesia.com, Selasa (6/8).

Sebelumnya, Kepala Operasi (Kaops) Satgas Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani membeberkan kematian Glen Conning.

"Benar telah terjadi penyanderaan dan pembunuhan nan dilakukan oleh KKB terhadap Glen Malcolm Conning nan merupakan pilot Helikopter PT Intan Angkasa Air Service," kata dia dalam rilis resmi.

Faizal juga menyebut KKB membakar helikopter berjenis IWN MD.500 ER PK di Distrik Alama, Mimika, Papua Tengah, sekitar pukul 10.00 WIT.

Helikopter itu mengangkut dua orang dewasa, satu bayi, dan satu anak. Para penumpang disebut dihadang KKB usai mendarat.

Anggota KKB nan berada di letak disebut menodongkan senjata api. Dia juga menggiring pilot dan penumpang ke area lapang sekitar letak pendaratan.

Setelah itu KKB langsung melakukan pembunuhan terhadap pilot. Jenazah Pilot dibawa ke helikopter kemudian dibakar berbarengan dengan helikopter. Sementara itu, penumpang nan merupakan penduduk setempat selamat.

Insiden ini terjadi kala pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mehrtens, juga tetap disanderaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka(TPNPB-OPM) sejak Februari 2023.

(stu/rds)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional