Menko Polhukam Ikut Bantah Sewa 1.000 Mobil untuk Upacara di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 20:18 WIB

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menegaskan kebanyakan para undangan bakal menggunakan bus untuk datang dalam upacara HUT RI. Ilustrasi. Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menegaskan kebanyakan para undangan bakal menggunakan bus untuk datang dalam upacara HUT RI. (AFP/YASUYOSHI CHIBA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto membantah klaim pengusaha sewa kendaraan nan menyebut pemerintah menyewa 1.000 mobil untuk upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hadi menyebut kebanyakan para undangan bakal menggunakan bus untuk datang dalam upacara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Enggak [sewa 1.000 kendaraan]. Sekarang diterjemahkan sendiri bahwa masuk ke sini disediakan shuttle bus. Tidak ada tempat parkir kendaraan pribadi," kata Hadi di area IKN, Kalimantan Timur, Rabu (7/8).

Hadi menyebut akses transportasi ke IKN saat ini tetap berproses. Namun, dia memastikan bakal sudah siap saat puncak seremoni hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Adapun perkiraan waktu tempuh Balikpapan via Samarinda ke IKN ialah 2,5 jam. Nantinya, Balikpapan-Pulobalang-IKN bisa ditempuh 1,5 jam.

Karena itu, pemerintah memilih menggunakan bus agar tidak terjadi penumpukan di jalan menuju Istana Negara.

"Biar tidak terjadi kemacetan," ujarnya.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama sebelumnya menjelaskan jumlah bus nan disewa pemerintah sebanyak 200 unit. Kendaraan itu sudah meliputi transportasi bagi seluruh undangan dan pasukan upacara.

Selain bus, memang tetap ada mobil nan bakal masuk ke sekitar letak upacara untuk operasional dan logistik. Namun, jumlahnya juga terbatas.

Adapun rumor Istana nan disebut memesan 1.000 unit mobil untuk upacara IKN itu pertama kali diungkap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asperda Kalimantan Timur Damun Kiswanto.

Ia juga membenarkan nilai sewa mobil naik lantaran permintaan besar mendadak. Harga sewa naik lebih dari dua kali lipat.

Harga sewa Toyota Fortuner misalnya, tembus Rp5 juta per hari dengan nilai normal Rp2,5 juta per hari. Sedangkan Hiace dari tembus Rp15 juta per hari, dengan nilai normal Rp3,5 juta per hari.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional