Menkominfo Budi Arie: Judi Online dan Pinjol Kakak-Adik

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 13 Jun 2024 16:27 WIB

Menkominfo Budi Arie menyebut ada kaitan erat antara praktik gambling online dengan pinjaman online di kalangan masyarakat Indonesia. Menkominfo Budi Arie menyebut ada kaitan erat antara praktik gambling online dengan pinjaman online di kalangan masyarakat Indonesia (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyebut gambling online (judol) dan pinjaman online (pinjol) ibarat kakak dan adik.

Dia menyampaikan itu merespons temuan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) soal kaitan antara gambling online dengan pinjaman online. PPATK menemukan indikasi biaya pinjol dipakai untuk judol.

"Kan saya sudah pernah bilang acapkali judol sama pinjol terlarangan ini adik-kakak, kerabat kandung ini. Nanti kita pokoknya ini memastikan pemberantasan gambling online dan pinjaman online terlarangan ini memang kudu komprehensif," kata Budi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (13/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi Arie menyatakan pemerintah serius memberantas gambling online. Presiden Jokowi, kata dia, sedang menyiapkan keputusan presiden tentang pembentukan satgas.

Satgas itu bakal dipimpin oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. Menko PMK Muhadjir Effendy bakal menjadi wakil ketua satgas.

"Prosedurnya tinggal (tanda tangan) Pak Presiden. Sudah selesai secara administratif walaupun belum ada satgasnya kan kita sudah bertindak terus, enggak berhenti," ucap Budi.

Sebelumnya, Jokowi meletakkan perhatian terhadap gambling online. Dia meminta masyarakat untuk tidak menggunakan duit untuk gambling online.

Jokowi mendorong masyarakat bijak memakai uang. Dia menyarankan duit nan ada dipakai untuk menabung alias bisnis.

"Ya ini secara unik saya mau sampaikan jangan judi, jangan judi, jangan berjudi, baik secara offline maupun online," ujar Jokowi dalam video di kanal YouTube Sekretariat Presiden semalam.

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional