Menkumham Supratman Hubungi Yasonna: Program Baik Kita Lanjutkan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 19 Agu 2024 11:11 WIB

Supratman Andi Agtas sempat menghubungi Yasonna Laoly pada Minggu (18/8) malam sebelum dilantik sebagai Menkumham pagi ini. Supratman Andi Agtas sempat menghubungi Yasonna Laoly pada Minggu (18/8) malam sebelum dilantik sebagai Menkumham pagi ini. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas bercerita sempat menghubungi Yasonna H. Laoly pada Minggu (18/8) malam sebelum dirinya dilantik sebagai Menkumham di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8).

Pada momen itu, dia mengatakan semua program baik nan telah dilaksanakan oleh Yasonna semasa menjadi Menkumham bakal dilanjutkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya berkawan baik. Semalam kami kontak. Dan saya sampaikan bahwa tentu tak mungkin seketika semua kita ubah. Intinya, semua program-program nan baik nan dilakukan menteri sebelumnya jadi tanggungjawab kami untuk menyempurnakan dan melanjutkan," kata Supratman di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Supratman tak mempersoalkan adanya perbedaan partai antara dirinya dan Yasonna. Supratman merupakan kader Gerindra, sementara Yasonna merupakan kader PDIP. Baginya, penunjukan menteri merupakan kewenangan prerogatif presiden.

Supratman menjelaskan prioritas pertamanya kelak ketika menjabat sebagai Menkumham adalah melakukan reformasi di bagian hukum. Ia memandang tetap ada tumpang tindih patokan satu undang-undang dengan nan lain.

"Pak presiden (memerintahkan) agar dilakukan pengharmonisan dan kemudian bisa integrasi, sehingga tak ada ego sektoral nan diakibatkan lantaran tumpang tindih suatu aturan," kata dia.

Di sisi lain, Supratman juga mengatakan komitmennya jika terjadi dualisme kepengurusan di sebuah partai politik. Ia menekankan Kemenkumham bakal bertindak setara sesuai peraturan nan bertindak dalam menangani persoalan tersebut nantinya.

"Intinya semua kudu kita lakukan secara objektif. Mana nan objektif kita lihat dari semua aspek legalitas nan cukup dan itu sudah penuhi syarat UU, kami bakal bertindak adil," kata dia.

(rzr/dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional