Mimpi-mimpi Jokowi Bangun Peradaban Baru Tata Pemerintahan di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi mimpi besar Presiden Joko Widodo (Jokowi). IKN digadang menjadi wajah peradaban baru pusat pemerintahan di Indonesia.

Presiden Jokowi memilih Nusantara sebagai nama ibu kota baru, mengeliminasi 79 nama lain nan diusulkan. Beberapa nama calon IKN nan sebelumnya diusulkan ke Jokowi ada Negara Jaya, Nusa Karya, hingga Kertanegara.

Pemilihan nama Nusantara bukan tanpa alasan. Nusantara dipilih menjadi nama ibu kota baru nan bakal menggantikan DKI Jakarta lantaran sudah dikenal sejak dulu, ikonik, dan menggambarkan Kenusantaraan Republik Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pembangunan IKN dimulai sejak 2022 dan direncanakan selesai pada 2045. Megaproyek IKN disebut memerlukan anggaran sebesar Rpp466 triliun hingga Rp486 triliun. Sebanyak 19 persen alias Rp80 triliun pendanaan berasal dari APBN. Sementara sisanya berasal dari beragam corak kerja sama dengan pihak swasta dan BUMN.

Pemerintah menyatakan proyek ini mendukung keberlangsungan pertumbuhan ekonomi nan inklusif dan merata, khususnya di area timur Indonesia.

Presiden Jokowi pun kerap melontarkan pernyataan ambisius mengenai IKN. Ia mengatakan pembangunan IKN Nusantara adalah bagian dari upaya pemerataan ekonomi sehingga tak Jawa-sentris.

Menurutnya, 58 persen Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi Indonesia selama ini berputar di Pulau Jawa. Padahal, Indonesia mempunyai 17 ribu pulau dari Sabang sampai Merauke.

Karenanya, pemerataan ekonomi dibutuhkan dengan pemindahan Ibu Kota. Bukan sekadar memindahkan gedung dari Jakarta ke Nusantara.

Tak hanya soal pemerataan ekonomi, Jokowi juga menilai pemindahan ibu kota bermaksud untuk pemerataan populasi. Ia merinci selama ini 56 persen populasi Indonesia ada di Pulau Jawa.

Janjikan IKN zero kejahatan

Orang Nomor Wahid di Indonesia itu menginginkan IKN Nusantara menjadi ibu kota negara tanpa kejahatan sama sekali.

Jokowi meminta Polri menyiapkan semua keperluan untuk mewujudkan perihal itu. Ia mau IKN menjadi contoh dalam penanganan kriminalitas.

"Akan kita jadikan contoh bahwa Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota nan kondusif dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan, nan berangkaian dengan kriminalitas," kata Jokowi saat groundbreaking instansi Polres Khusus IKN, Kamis, 21 Desember 2023.

Jokowi meminta Polri memulai dengan penyiapan aparat. Lalu dia mau kantor-kantor kepolisian dilengkapi teknologi terkini.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, dia pun memulai dengan pembangunan instansi Polres IKN. Menurutnya, instansi ini kudu mempunyai beberapa peralatan digital untuk penanganan kejahatan.

Tuan rumah Olimpiade 2036

Selain itu, Jokowi mau IKN Nusantara terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

"Beliau [Jokowi] beberapa waktu nan lampau sudah memberikan pengarahan kepada saya untuk kita bidding menjadi rumah Olimpiade 2036, tapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya di IKN," kata Menpora Zainudin Amali pada 2022 lalu.

Jokowi disebut juga berambisi membangun akomodasi sepak bola di wilayah Kalimantan Timur tersebut.

Ibu kota terhijau di dunia

Jokowi mengatakan IKN Nusantara bakal menjadi kota terhijau di bumi jika tetap berpegang pada konsep awal pembangunan.

Menurutnya, saat ini banyak nan salah kaprah memandang kota masa depan sebagai kota nan banyak gedung pencakar langit. Padahal, kota masa depan adalah kota nan ramah lingkungan.

"Termasuk nantinya IKN itu bakal menjadi ibu kota konsepnya ibu kota terhijau di bumi lantaran konsepnya kota nusa rimba, betul-betul hijau betul," kata Jokowi dalam aktivitas peresmian Rakernas Apeksi ke-XVII, Selasa (4/6).

Prinsip pembangunan IKN pun selaras dengan alam dengan menjanjikan ialah lebih dari 75 persen lahan seluas 256.142 hektare untuk ruang hijau dengan rincian 65 persen area dilindungi dan 10 persen area produksi pangan. Seluruh masyarakat dapat mengakses ruang hijau rekreasi dalam 10 menit dan 100 persen penggantian ruang hijau untuk setiap gedung bertingkat institusional, komersial, dan hunian.

Jokowi mengapresiasi kota-kota nan sudah mulai mengusung konsep hijau, seperti Balikpapan dan Surabaya. Dia meminta kota-kota lainnya di Indonesia mengikuti jejak dua kota itu.

Kota rimba pelayanan kelas dunia

Sang Kepala Negara itu menginginkan IKN Nusantara menjadi kota rimba bergengsi dunia.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta pada 16 Agustus 2022.

"Bukan kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia," kata Jokowi.

Ia menegaskan IKN sebagai pusat pemerintahan tak hanya untuk para aparatur sipil negara, tetapi juga untuk semua lapisan masyarakat.

Dikuasai transportasi publik tanpa pengemudi (driverless)

Tak hanya itu, Jokowi juga mau IKN Nusantara dikuasai 80 persen transportasi publik dan sisanya kendaraan pribadi.

Nantinya transportasi umum di IKN Nusantara bakal dirancang tanpa pengemudi (driverless). Kendaraan umum di IKN Nusantara semuanya bakal dikendalikan dari command center.

Kereta otonom alias autonomous rail transit (ART) melaju saat uji coba di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). Kereta otonom alias autonomous rail transit (ART) nan nantinya melangkah tanpa pengemudi tersebut bakal berfaedah optimal pada Oktober 2024 dengan kapabilitas 300 penumpang. ANTARA FOTO/Fauzan
Kereta otonom alias autonomous rail transit (ART) melaju saat uji coba di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,. Kereta otonom alias autonomous rail transit (ART) nan nantinya melangkah tanpa pengemudi tersebut bakal berfaedah optimal pada Oktober 2024 dengan kapabilitas 300 penumpang. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Myrna Asnawati Safitri menyebut penduduk di ibu kota baru itu diwajibkan memakai transportasi umum dan kendaraan listrik.

Ketentuan itu lantaran IKN Nusantara sepenuhnya menggunakan daya terbarukan, termasuk mobilitas penduduk dan sejalan dengan konsep IKN nan dikembangkan menjadi kota nan berkelanjutan, sehat, produktif, efisien, inovatif dan ramah lingkungan.

Janji bangun Dayak Center

Jokowi berjanji membangun 'Dayak Center' di IKN Nusantara. Janji itu dia sampaikan merespons permintaan suku Dayak.

Jokowi mengatakan 'Dayak Center' menjadi corak terima kasih Jokowi ke suku Dayak lantaran mendukung pembangunan ibu kota negara baru.

"Nanti juga atas permintaan dari Suku Dayak, ada Dayak Center juga bakal segera ditentukan lokasinya," kata Jokowi di Pontianak, Selasa (29/11).

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional