Momen Bersejarah Bendera Pusaka-Teks Proklamasi Dibawa Keluar Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 13:15 WIB

Prosesi kirab salinan bendera Merah Putih dan teks proklamasi ke IKN pada Sabtu (10/8) ini menjadi sejarah baru. Prosesi kirab salinan bendera Merah Putih dan teks proklamasi ke IKN pada Sabtu (10/8) ini menjadi sejarah baru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

Jakarta, CNN Indonesia --

Prosesi kirab salinan Bendera Merah Putih dan teks proklamasi ke IKN pada Sabtu (10/8) ini menjadi sejarah.  Ini menjadi perihal pertama dalam sejarah kedua barang pusaka diboyong dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Betul ini baru pertama kali bendera salinan dan teks proklamasi dibawa keluar Jakarta ke Ibu Kota Baru ke IKN," kata Deputi Protokol dan Pers Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Jakarta Pusat, Sabtu (10/8).

Yusuf menjelaskan biasanya salinan bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dibawa dari Monas ke Istana Merdeka. Namun kali ini berbeda lantaran kirab dilaksanakan dari Monas ke IKN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dari Monas kita bakal melakukan perjalanan ke Halim Perdanakusuma melewati patung kuda, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Smangi, terus sampai Halim Perdanakusuma," kata dia.

Ia menjelaskan perkiraan perjalanan dari Monas ke Lanud Halim Perdanakusuma 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kira-kira 14 kilometer.

Karena ini merupakan sejarah kali pertama, dia memohon angan restu dari masyarakat agar aktivitas ini melangkah lancar, lantaran ini merupakan rangkaian pagelaran rangkaian peringatan HUT RI.

Kirab kedua barang sakral itu dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB alias pukul 09.00 WITA. Ia menjelaskan kirab ini melibatkan 180 abang none Jakarta, 122 purna Paskibraka Provinsi Jakarta dan siswa-siswi IPDN dan Pamong Praja.

(chan/agt)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional