MRP Temui Jokowi, Tagih Janji Bangun Istana Presiden di Papua

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 12 Jun 2024 12:01 WIB

Enam ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) menemui Jokowi di Jakarta untuk menagih pembangunan istana presiden di tanah Papua. Ketua MRP Papua Tengah sekaligus Koordinator MRP se-Papua Agustinus Anggaibak usai menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)

Jakarta, CNN Indonesia --

Enam ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta. Salah satu tujuan mereka meminta pembangunan istana presiden di tanah Papua.

Ketua MRP Papua Nelince Wamuar mengatakan sudah ada lahan 16,5 hektare nan siap digunakan. Lahan itu terletak di Kota Jayapura.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang saya sampaikan hari ini adalah tentang rencana pembangunan istana negara di Papua nan telah kami sampaikan pada tanggal 12 September 2019," kata Nelince dalam bertemu pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/6).

Nelince berbicara istana di Papua bakal memperpendek rentang kendali antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Warga Papua tak kudu jauh-jauh ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi ke Jokowi.

"Kami tidak perlu datang ke sini. Kami tunggu saja Bapak Presiden di Jayapura," ujarnya.

Sebelumnya, usul serupa pernah dibawa MRP pada pertemuan dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, 10 September 2019. Usulan itu menjadi satu dari sembilan aspirasi nan disampaikan MRP.

Jokowi telah menerima usulan itu. Dia pernah berjanji bakal membangun istana di Papua mulai tahun 2020.

"Nanti jika disampaikan hari ini de facto sudah diserahkan. Saya obrolan dulu dengan para menteri. Jadi mulai tahun depan istana ini bakal dibangun. Sudah," ucap Jokowi, usai pertemuan lima tahun lalu.

Saat ini, Indonesia mempunyai tujuh istana kepresidenan. Istana Merdeka dan Istana Negara terletak di DKI Jakarta. Ada pula Istana Bogor dan Istana Cipanas di Jawa Barat.

Selain itu, ada Istana Gedung Agung Yogyakarta di DIY. Lalu Istana Tampaksiring di Bali. Terbaru, ada istana kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional