Muhadjir Sebut Korban Judi Online Meluas ke Kalangan Intelektual

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 13 Jun 2024 16:43 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy mewanti-wanti ancaman dan akibat aktivitas gambling online. Praktik terlarangan itu sudah menyasar masyarakat dari beragam latar belakang. Menko PMK Muhadjir Effendy mewanti-wanti ancaman dan akibat aktivitas gambling online. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mewanti-wanti ancaman dan akibat dari aktivitas gambling online. Ia mengatakan praktik terlarangan itu sekarang sudah menyasar masyarakat dari beragam latar belakang.

"Sudah sangat mengkhawatirkan gambling online ini, lantaran sudah banyak korban," kata Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Muhadjir menyebut tak hanya masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah nan melakukan praktik gambling online. Kaum intelektual pun, menurutnya menjadi korban dari gambling online.

"Tidak hanya segmen masyarakat tertentu misalnya masyarakat bawah saja. Tapi masyarakat atas juga mulai banyak, termasuk kalangan intelektual, kalangan perguruan tinggi juga banyak nan kena juga," imbuhnya.

Muhadjir menyebut Kementeriannya mulai menyiapkan langkah pasti mengenai temuan korban gambling online nan semakin marak di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah memberikan pembelaan kepada korban.

Kemudian juga memasukkan korban ke dalam info DTKS sebagai penerima support sosial. Tak hanya itu, korban nan mengalami gangguan psikososial juga bakal dilakukan pembinaan.

"Ya termasuk banyak nan menjadi miskin baru itu menjadi tanggung jawab kita, tanggung jawab dari Kemenko PMK," ujarnya.

Belakangan, kasus gambling online banyak mencuat dan menyantap korban. Salah satunya, gambling online diduga sebagai pemicu personil polisi wanita (Polwan) Polres Mojokerto, Briptu FN (28) membakar suaminya, Briptu RDW (27).

Polwan nan telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di tempat unik itu diduga jengkel lantaran korban diduga menghabiskan gajinya untuk bermain gambling online.

Kemudian di Yahukimo, Papua Pegunungan, seorang personil TNI AL Lettu Eko bunuh diri usai diduga terlilit hutang hingga Rp819 juta. Hutang-hutang itu disebut mengenai gambling online.

Presiden Jokowi pun telah memberikan atenai unik atas kasus gambling online nan berujung pembunuhan. Ia meminta seluruh lapisan masyarakat menghentikan maraknya gambling online.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional