Nadiem Bakal Cek Dugaan Anggaran Pendidikan untuk Makan Gratis

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim buka bunyi soal kecurigaan Komisi X DPR mengenai kenaikan anggaran pendidikan dalam RAPBN tahun 2025 digunakan untuk program Makan Bergizi Gratis.

Nadiem tak menjawab dengan tegas soal kecurigaan tersebut. Ia hanya mengaku bakal mengecek rumor itu.

"Nanti saya cek," kata Nadiem saat ditemui usai rapat kerja berbareng Komisi X DPR RI, Senayan, Kamis (13/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, kecurigaan soal kenaikan anggaran itu disampaikan Ketua Komisi X Syaiful Huda. Ia meletakkan berprasangka lantaran tidak menemukan penambahan alokasi pembiayaan pendidikan meski anggaran pendidikan dalam usulan RAPBN 2025 mengalami kenaikan.

"Saya pada posisi curiga, ini perlu, tetap perlu pembuktian. Bisa jadi kemungkinan anggaran itu (makan bergizi gratis) itu diambil dari situ (tambahan alokasi biaya pendidikan)," kata Huda saat dihubungi, Rabu (29/5).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meningkatkan anggaran pendidikan dan kesehatan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Anggaran pendidikan untuk 2025 dialokasikan sebesar Rp708,2 triliun hingga Rp741,7 triliun, lebih tinggi dari anggaran 2024 sebesar Rp665,02 triliun.

"Kami menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi tinggi juga kudu disertai peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Paripurna DPR tentang Penyampaian Pemerintah terhadap Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal di Jakarta, Senin (27/5).

Dana tersebut direncanakan untuk peningkatan gizi anak sekolah, penguatan mutu sekolah, perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan nomor partisipasi kasar PAUD dan perguruan tinggi, penguatan kualitas tenaga pengajar, serta penguatan vokasional.

Adapun program Makan Bergizi Gratis merupakan salah satu program unggulan presiden terpilih Prabowo Subianto. Ia berjanji memberikan makan cuma-cuma kepada untuk anak-anak sekolah demi mencegah stunting.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional