NasDem Lirik Sudirman Said Jadi Bakal Calon Gubernur Jakarta

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 06:30 WIB

Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim mengatakan pihaknya dalam proses menuju pleno untuk penetapan kandidat cagub DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Mantan Menteri ESDM Sudirman Said dilirik NasDem untuk diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim mengatakan pihaknya tengah membahas sejumlah sosok nan bakal diusung menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024.

Menurutnya, saat ini NasDem dalam proses menuju pleno untuk penetapan kandidat cagub DKI.

Hermawi menyebut sejumlah nama, tak hanya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pihaknya juga mempertimbangkan mantan Menteri ESDM Sudirman Said hingga kader NasDem Ahmad Sahroni dan Wibi Andrino.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ada banyak kandidat nan mumpuni, termasuk tapi tidak terbatas kepada Anies. Ada nama Ahmad Sahroni, ada Wibi Andrino, ada Sudirman Said," kata Hermawi kepada wartawan, Kamis (23/5).

Hermawi mengatakan semua kandidat mempunyai kesempatan nan sama untuk diusung dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut.

"Dalam Pilkada 2024 ini NasDem tetap dengan sikap antimahar, tidak mewajibkan para calon untuk bayar satu rupiah pun. Ini salah satu langkah jitu nasdem untuk menekan biaya tinggi politik," ujarnya.

Lebih lanjut, Hermawi mengatakan NasDem siap berkoalisi dengan semua partai nan beritikad baik bagi kemajuan bangsa dan negara. Ia sudah menjalin komunikasi dengan partai lain.

"Karena untuk mengusulkan kandidat gubernur DKI kudu koalisi, tidak ada satu partai pun nan mempunyai kecukupan bangku untuk maju sendiri di DKI," katanya.

Sebelumnya mantan Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan tetap ada jalur partai politik bagi dirinya untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024.

"Proses ini tetap panjang. Jalur independen tak memungkinkan, kan ada jalur partai," kata Sudirman dalam pernyataannya di kanal YouTube Hersubeno Point.

Sudirman mempunyai prinsip jika politik merupakan rencana publik, bukan agenda pribadinya. Sehingga, dia memberikan kebebasan kepada para relawan dan komponen masyarakat nan mendukungnya berinisiatif memajukan dirinya sebagai calon gubernur Jakarta lewat jalur beberapa waktu lalu.

"Dan sejumlah sahabat dan golongan datang ke KPUD, dan memandang kemungkinan ke sana. nan terjadi mungkin penjajakan. Mungkin minta akses. Tapi setelah beberapa hari mereka proses dan tak visible. Karena seluruh persyaratan kudu selesai pada hari Minggu itu," kata dia.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional