Nasihat JK ke Prabowo untuk Tak Bikin Program Dadakan Seperti IKN

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 07:38 WIB

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) memberikan nasihat kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto agar tidak membikin kebijakan secara tiba-tiba. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) memberikan nasihat kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto agar tidak membikin kebijakan secara tiba-tiba. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) memberikan nasihat kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto agar tidak membikin kebijakan secara tiba-tiba seperti megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sebagaimana nan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

JK meminta agar Prabowo-Gibran membikin kebijakan secara matang sebelum resmi dilantik agar pemerintahan dapat melangkah efisien.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jangan tiba-tiba ada proyek besar. Tiba-tiba katakanlah IKN. Itu tidak ada di janji kampanye, tidak ada di ini, tidak ada di perencanaan, tiba-tiba muncul," kata JK usai menerima kunjungan ketua MPR di kediamannya, Rabu (22/5).

JK juga mewanti-wanti agar lima tahun pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan diisi dengan sasaran nan jelas dengan pertimbangan matang namalain program kerja dengan rencana jangka panjang.

Pun dia berambisi Prabowo dapat menjalankan roda pemerintahan secara efisien. Ia mengingatkan efisiensi terutama pengeluaran negara tersebut sudah kudu dilakukan sejak tahun pertama kepemimpinan.

Beberapa efisiensi nan dapat dilakukan, kata dia, mulai dari penyesuaian besaran bansos kepada masyarakat hingga pengurangan subsidi.

"Kalau tidak ada perencanaan jangka panjang alias jangka menengah, maka apanya nan mau dikontrol? Karena itu rencana jangka panjang apakah dalam corak sasaran alias semacamnya nan lebih efisien," ujar JK.

(khr/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional