NeutraDC Kolaborasi dengan 3 Perusahaan Teknologi Global Perkuat AI-Ecosystem

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS - PT Telkom  Data Ekosistem (NeutraDC), anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), nan merupakan perusahaan penyedia ekosistem data center mengumumkan  kerjasama strategis mengenai AI-Ecosystem.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama  tiga perusahaan, PT Hewlett Packard Enterprise (HPE) Indonesia, Cirrascale Pte. Ltd., dan DataCanvas  Limited di arena konvensi internasional, NeutraDC Summit 2024, di Bali, pekan lalu.. 

MoU dilakukan oleh CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F, President Director HPE Indonesia  Meygin Agustina, CEO Cirrascale PJ Go, dan CEO DataCanvas Limited Fang Lei. Kerja sama ini bertujuan  untuk meningkatkan minat pasar terhadap kebutuhan pusat info berbasis AI di Indonesia dan kawasan  regional. 

Kerja sama antara keempat perusahaan didasari pada pengalaman masing-masing sebagai perusahaan di  industri teknologi dan prasarana digital. NeutraDC, sebagai penyedia data center digital nan berfokus  pada colocation, bakal menyediakan jasa nan dapat mengakomodasi AI-enabler di Asia Tenggara. 

PT  Hewlett Packard Enterprise (HPE) Indonesia, perusahaan dunia terkemuka nan menyediakan solusi  perangkat keras dan jasa teknologi, bakal menyediakan jasa perangkat keras mutakhir. DataCanvas Limited, perusahaan nan mengkhususkan diri dalam sistem operasi pusat info AI dan AI Software Stack, bakal berkontribusi dengan teknologi inovatifnya untuk memperkuat prasarana data center

Sedangkan Cirrascale Pte. Ltd., sebagai penyedia jasa GPU berkinerja tinggi, bakal mendukung pengembangan  prasarana AI untuk memenuhi permintaan pasar. 

Iklan

CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F menyampaikan bahwa kerjasama ini memperkuat posisi perusahaan sebagai AI-enabler. "Bekerja sama dengan mitra-mitra terkemuka seperti HPE  Indonesia, DataCanvas, dan Cirrascale, kami percaya dapat menghadirkan solusi AI nan unggul dan relevan  untuk pasar Asia Tenggara,” kata Andreuw. 

President Director HPE Indonesia Meygin Agustina juga menanggapi positif  kerja sama nan dapat memperkenalkan lebih jauh mengenai kebutuhan AI. "Kami sangat antusias  menjadi bagian dari kerjasama ini berbareng NeutraDC dan mitra-mitra terkemuka. Kemitraan ini memungkinkan kami untuk memperkenalkan teknologi perangkat keras mutakhir nan mampu  memenuhi kebutuhan AI di pusat info modern," ujar Meygin.

CEO Cirrascale PJ Go dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama ini menjadi potensi nan baik  ke depannya. "Kolaborasi ini memungkinkan kami untuk mendukung pengembangan AI dengan  menyediakan GPU nan kuat dan efisien. Hal ini merupakan bagian krusial dari prasarana AI," kata PJ Go. 

Senada, CEO DataCanvas Fang Lei menyatakan pihaknya senang dapat berkontribusi mengenai operasi AI.  “Kami senang dapat berkontribusi dalam proyek ini dengan menyediakan sistem operasi AI nan inovatif  dan AI Software Stack yang dapat memperkuat prasarana data center di area ini," kata Fang Lei. 

Potensi ekosistem AI saat ini sangat besar dan terus berkembang dengan cepat, terutama dengan  meningkatnya mengambil teknologi di beragam sektor. Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat membuka  kesempatan besar bagi perusahaan dan turut berkontribusi dalam mendorong inovasi, termasuk akses ke  teknologi canggih, peningkatan kapabilitas bisnis, dan kesempatan untuk memperkuat posisi di pasar yang  semakin mengandalkan info dan otomatisasi. (*) 

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis