Nomor Kontak Palsu Marak di Laman Google Maps Kantor Imigrasi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 12 Agu 2024 14:11 WIB

Ditjen Imigrasi menemukan nomor kontak WA tiruan nan diselipkan pada info alamat pada laman Google Maps sejumlah Kantor Imigrasi. Ilustrasi. Ditjen Imigrasi menemukan nomor kontak WA tiruan nan diselipkan pada info alamat pada laman Google Maps sejumlah Kantor Imigrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penipuan nan marak terjadi melalui platform Google Maps. Imigrasi menemukan nomor kontak WA tiruan nan diselipkan pada info alamat pada laman Google Maps sejumlah Kantor Imigrasi.

Nomor 081230030440 ditemukan pada laman Google Maps beberapa Kantor Imigrasi. Nomor nan mencurigakan tersebut ditemukan saat ditelusuri melalui aplikasi GetContact.

Tidak ada info nan sah mengenai pemilik nomor semakin menguatkan dugaan upaya penipuan. Fitur Google My Business nan memungkinkan pengguna untuk mengedit info upaya ditengarai disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini sudah meresahkan, kami bakal surati Google untuk menghapus nomor itu dan kami juga bakal minta operator seluler memblokir nomor tersebut," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Sandi Andaryadi melalui siaran persnya, Senin (12/8).

Sandi mengingatkan masyarakat untuk selalu mengakses info resmi mengenai jasa imigrasi melalui kanal-kanal resmi Ditjenim.

Ia meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan info nan diperoleh dari sumber nan tidak dapat dipertanggungjawabkan, terutama jika melibatkan urusan manajemen dan keuangan.

"Selalu double check, jangan mudah percaya. Hubungi kontak dan media sosial resmi baik Direktorat Jenderal maupun instansi imigrasi. Manfaatkan livechat Ditjen Imigrasi di www.imigrasi.go.id pada Senin-Jumat pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB," terang Sandi.

(ryn/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional