Obi Maluku Utara Diguncang Dua Kali Gempa, Terasa hingga Labuha

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 16 Sep 2024 20:16 WIB

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3,8 dan 4,9 mengguncang wilayah perairan Obi, Provinsi Maluku Utara, Senin, (16/9) malam. Ilustrasi gempa bumi di Maluku Utara. (Istockphoto/ P_Wei)

Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3,8 dan 4,9 mengguncang wilayah perairan Obi, Provinsi Maluku Utara, Senin, (16/9) malam.

BMKG menyebut dua kali terjadi gempa bumi di Maluku Utara. Pertama, gempa dengan magnitudo 3,8 terjadi sekitar pukul 20:37 WIT dan tak lama terjadi sekitar pukul 20:39 WIT.

Gempa bumi 3,8 sempat berpusat di 00.60 Lintang Selatan (LS) dan 127.73 Bujur Timur (BT). Gempa itu berjarak 26 kilometer Labuha Maluku Utara dan 83 kilometer bagian Utara Obi Maluku Utara dengan pusat kedalaman mencapai 10 kilometer.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Gempa itu tidak menimbulkan gelombang tsunami," tulis akun resmi BMKG.

BMKG nan berlokasi di puncak Karang Panjang Ambon itu mencatat getaran gempa bumi terasa hingga Labuha dengan intensitas berskala II-III MMI.

Sementara, gempa bumi dengan magnitudo 4,9 berada di letak 00.40 Lintang Selatan (LS) dan 127.63 Bujur Timur (BT). Gempa itu terjadi di laut sekitar 30 kilometer bagian timur Labuha Maluku Utara da. 105 kilometer bagian Utara Obi Maluku Utara dengan kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa sempat terasa hingga ke Labuha dengan skala intensitas II-III MMI.

"Gempa tidak berpotensi tsunami,"tulis BMKG. 

(sai/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional