OIKN Sebut 21 Tower Rusun Hunian ASN Selesai Dibangun di IKN

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimudin menyebut bahwa 21 tower rumah susun (rusun) kediaman untuk ditempati pemindahan aparatur sipil negara (ASN) di IKN, Kalimantan Timur, telah rampung.

"Jadi tower-tower nan dibangun oleh pekerja bangunan nan hari ini sudah 27 ribu pekerja dan sekitar 10-20 persen adalah penduduk lokal nan bekerja, sudah selesai (membangun) 21 tower untuk ASN, untuk pindah," kata Alimudin dalam ASN Festival 2024, di Jakarta, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Pemerintah terus berupaya mempersiapkan beragam kebutuhan dasar di IKN Nusantara. Termasuk Rusun bagi ASN nan bakal dipindahtugaskan ke wilayah tersebut.

OIKN juga melakukan pendataan secara komplit terhadap aparatur sipil negara (ASN) nan bakal dipindahtugaskan, mulai dari usia hingga jumlah dan usia anak mereka, untuk memastikan kesiapan akomodasi pendidikan nan memadai.

Alimudin menyebut sekolah jenjang PAUD dan sekolah dasar juga telah disiapkan, meskipun diakui Alimudin belum sepenuhnya maksimal. Hal itu dikarenakan pembangunan IKN terdiri dari lima tahapan. Hingga 2024, baru memasuki tahap pertama, ialah penyediaan prasarana dasar.

Selain itu, dia menyebutkan, akomodasi air minum nan siap diminum langsung dari keran juga telah disiapkan di IKN, menjadikannya sebagai salah satu kelebihan prasarana dasar di ibu kota baru nan digagas tersebut.

"Pak Basuki Hadimuljono (Plt Kepala OIKN/Menteri PUPR) kemarin sudah (tes) langsung, bukan air bersih lagi nan disiapkan, tapi air minum, langsung minum dari keran. Pak Basuki Hadimuljono sudah tes kemarin," ujarnya.

Saat ini, kata Alimudin, sedang belajar dari pengalaman Pemerintah DKI Jakarta dalam menata ibu kota negara. Meskipun demikian, penataan di IKN bakal sangat berbeda lantaran tidak mempunyai representasi lokal seperti DPRD. Fokusnya lebih pada jabatan-jabatan fungsional nan langsung memberikan jasa kepada masyarakat.

Selanjutnya: Dalam lima tahapan pembangunan IKN, tahun ini adalah....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis