Ojol dan Kurir Unjuk Rasa Hari Ini, Gojek Nyatakan Tetap Beroperasi Normal

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaKomunitas ojek online (ojol) dan kurir se-Jabodetabek pagi ini, Kamis, 29 Agustus 2024, bakal menggelar unjuk rasa menuntut perbaikan kesejahteraan. Aksi dalam corak konvoi sepeda motor ke instansi Gojek di wilayah Petojo, Jakarta Pusat, instansi Grab di sekitar Cilandak, Jakarta Selatan, dan Istana Merdeka.

"Beberapa golongan rekan ojek online dan kurir lokal Jabodetabek bakal lakukan tindakan tenteram dengan tuntutan nan bakal diutarakan baik kepada perusahaan aplikasi maupun kepada pihak pemerintah," kata Ketua Umum Garda Indonesia Igun Wicaksono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2024.

Aksi tersebut menyampaikan beberapa tuntutan kepada perusahaan maupun pemerintah. Rencananya, tindakan dari massa ojol dan kurir nan menamakan diri Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Roda Dua Nasional Garda Indonesia ini diikuti 500-1.000 orang.

"Informasi dari rekan-rekan kami bahwa tindakan bakal diikuti sekitar 500-1.000 pengemudi ojol dari beragam organisasi di Jabodetabek, dengan rencana penyelenggaraan jam 12.00 WIB dengan rute tindakan Istana Merdeka, instansi Gojek di sekitar wilayah Petojo, Jakarta Pusat dan instansi Grab di sekitar Cilandak, Jakarta Selatan," kata Igun.

Ia menilai pemerintah belum dapat melakukan banyak untuk memenuhi rasa keadilan dan kesejahteraan para mitra perusahaan aplikasi nan ada. Hal tersebut terlihat dari status norma ojek online ini nan tetap terlarangan tanpa adanya kedudukan norma (legal standing) berupa undang-undang.

Menurut Igun, pengemudi menuntut adanya legal standing  nan jelas bagi para pengemudi ojol ini agar perusahaan tidak melakukan semaunya terhadap mitra ojol dan kurir.

"Tanpa ada solusi dari platform dan tanpa dapat diberikan hukuman tegas oleh pemerintah, perihal inilah nan membikin timbulnya beragam aktivitas tindakan protes dari para mitra," katanya.

Aksi unjuk rasa bakal dilakukan secara tenteram tanpa adanya provokasi dari manapun. Hal ini demi menjaga ketertiban berbareng guna tercapainya tujuan tindakan damai.

Igun berambisi perusahaan aplikasi dapat menghormati penyampaian pendapat dari para mitranya sebagai corak masukan nan perlu diperhatikan dan pemerintah juga dapat menyimpulkan persoalan nan terus berulang di ekosistem transportasi daring.

Iklan

Gojek Tetap Beroperasi Normal

Gojek menyatakan jasa mereka bakal tetap melangkah normal, seiring rencana tindakan unjuk rasa ojek online (ojol) dan kurir online pada Kamis ini.

"Kami menegaskan bahwa operasional Gojek bakal tetap melangkah normal dan konsumen dapat tetap menggunakan jasa Gojek seperti biasa," ujar Head of Corporate Affairs Gojek Rosel Lavina dalam keterangan nan diterima di Jakarta, Rabu.

Dia mengimbau kepada mitra pengemudi agar tidak terprovokasi dan tetap beraksi seperti biasa. Gojek bakal menindak tegas oknum-oknum nan melakukan tindakan nan merugikan terhadap pengguna maupun mitra.

Rosel juga menyampaikan bahwa mereka sangat terbuka terhadap aspirasi para mitra ojol terkait tarif.

"Kami sangat terbuka terhadap aspirasi rekan-rekan mitra driver (pengemudi) aktif Gojek dan senantiasa menghimbau agar disampaikan secara kondusif dan tertib. Selama ini, mitra driver aktif Gojek juga menyampaikan aspirasinya melalui beragam wadah komunikasi umum nan kami miliki,” ujar Rosel.

Para pengemudi ojol dan kurir online bakal menyampaikan beberapa tuntutan kepada perusahaan maupun pemerintah, antara lain status norma ojek online.

Pilihan Editor: Sri Mulyani Ungkap Cukai Minuman Berpemanis Tetap Jalan Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis