OPM Umumkan Pilot Susi Air Segera Dibebaskan: Target Bulan Ini

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 03 Sep 2024 13:09 WIB

Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyatakan bakal segera membebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens nan disandera pada bulan ini. Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyatakan bakal segera membebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens nan disandera pada bulan ini. Dok. Istimewa

Jakarta, CNN Indonesia --

Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyatakan bakal membebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens nan disandera pada bulan ini.

"Kami berupaya kejar waktu, tapi ada gangguan, bulan ini, any time kami bisa bebaskan, kami kerja terus," kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom, Selasa (3/9).

Sebby enggan menjelaskan sistem pembebasan. Ia hanya mengatakan pihaknya tidak bakal koordinasi dengan TNI-Polri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami serius dan konsentrasi untuk bebaskan pilot pulang ke keluarga. Target bulan ini," ujarnya.

Philip disandera pada 7 Februari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Saat peristiwa itu terjadi, pesawat nan dibawa Philip terbakar. Setelahnya, TPNPB-OPM mengakui sebagai pihak di kembali tindakan pembakaran pesawat tersebut. Kelompok itu juga mengaku menahan pilot pesawat.

Philip beberapa kali muncul dalam video nan disebarkan oleh OPM. Selain itu, OPM juga beberapa kali menyatakan bakal membebaskan Philip.

Tepat sebulan lalu, OPM kembali merilis pernyataan nan menyatakan bakal membebaskan Philip.

Saat itu, Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno menyebut golongan itu sudah acapkali menyatakan bakal membebaskan Philip. Namun, pembebasan tidak juga dilakukan.

"Mereka sudah acapkali mengatakan perihal itu dari tahun lalu, realitanya mana? Mulai dari menjelang Natal 2023, Tahun Baru 2024," kata Bayu saat dihubungi, Sabtu (3/8).

(yoa/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional