Pansus Haji Bakal Ajak Polisi Panggil Menag Yaqut Usai 2 Kali Mangkir

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 10 Sep 2024 14:42 WIB

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas disebut dua kali mangkir dari panggilan Pansus Haji DPR. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas disebut dua kali mangkir dari panggilan Pansus Haji DPR. (CNN Indonesia/Panji Septo Raharjo)

Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Pansus Haji DPR Marwan Jaffar mengaku telah memanggil dua kali Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk diminta datang memberikan keterangan, namun mangkir.

"Sudah dua kali mangkir. Dan ini bakal kita undang lagi agar hadir. Ini dia buying time saja agar waktu DPR lenyap ini," kata Marwan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Marwan mengaku telah memanggil Yaqut pada Senin (9/9) kemarin untuk datang pada Selasa hari ini. Namun, dia mengatakan Yaqut berkilah sedang menghadiri MTQ di Kalimatan Timur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Marwan mengatakan Yaqut justru tak berada di Kaltim melainkan ada di Kantor Kemenag hari ini.

"Tapi pada kenyataannya rupanya kita menemukan surat nan ada di dalam Kemenag bahwa hari ini dia sedang melakukan rapat koordinasi di Kantor Kemenag jam 15.00 sore. Jadi bukan menghadiri MTQ," kata dia.

Marwan mengatakan bakal memanggil kembali Yaqut untuk ketiga kalinya pada minggu ini untuk datang ke Pansus DPR.

Ia berjanji bakal memanggil paksa Yaqut jika tidakhadir pada pemanggilan ketiga Pansus DPR dengan menggandeng polisi.

"Mangkir lagi ketiga kalinya sesuai dengan UU tentang MPR, DPR, DPD, DPR (UU MD3) panggil ketiga kali dan jika perlu kita menggunakan polisi memanggil secara paksa," kata dia.

"Minggu-minggu ini kudu maraton kita undang, lantaran waktunya semakin mepet lantaran kan tinggal tiga minggu lagi kita pelantikan," tambahnya.

Sebelumnya DPR membentuk Pansus Haji untuk menyelidiki pelbagai persoalan nan timbul di musim haji 2024 nan kurang maksimal.

Pansus pun terus melangkah dengan menggelar pelbagai rapat dengan sejumlah pihak belakangan ini. Selain menggelar rapat, Pansus Haji juga sempat melakukan inspeksi mendadak namalain sidak ke Kantor Kemenag pada Rabu 4 September lalu.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional